Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

MAN ICT LAKSANAKAN UJIAN KEASRAMAAN

 

Tanah Laut (MAN ICT). Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT), menggelar ujian keasramaan yang diselenggarakan oleh tim keasraamaan dan diikuti oleh seluruh siswa, Rabu (08/11/2023) di mesjid MAN ICT.

 

Menurut keterangan dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, H. Muhammad Ideham, ujian keasramaan tersebut digelar sebagai bentuk pemantapan siswa baik dari segi pengembangan bahasa bagi siswa kelas X dan juga kajian kitab kuning bagi siswa kelas XI dan XII. “Ujian kebahasaan yakni bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang diujikan secara lisan dan diperuntukkan untuk kelas X,”ujar Ideham.

 

Lebih lanjut Ideham menambahkan bahwa untuk ujian kitab kelas XI dan XII terdiri dari Kitab Aqidatul Awam, Ta'lim Mutaallim, Tafsir Jalalain dan Safinatun Najah. Dengan adanya ujian tersebu diharapkan siswa MAN ICT dapat membaca, mengartikan dan menjelaskan kaidah yang terdapat dalam Kitab dan terlebih lagi bisa mengamalkan apa yang telah diperoleh dalam Kitab. “Ujian ini bukanlah akhir dari tholabul ilmi (menuntut ilmu) para siswa, tetapi ini merupakan awal. Karena mereka harus mengembangkan kemampuan dalam memahami kitab yang sudah mereka miliki saat ini, sehingga bisa menjadi bekal di masyarakat nantinya,”pungkas Ideham.

 

Salah seorang siswa Kelas X, Medina Zahra mengaku ujian kebahasaan dilaksanakan secara lisan untuk menguji penguasaan dua bahasa yang dimiliki yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Untuk persiapan sebelumnya dirinya mengaku banyak menghapalkan kosakata dua bahasa tersebut dan digunakan untuk percakapan selama di madrasah. “Alhamdulillah tidak ada kendala berarti, semoga hasil ujiannya memuaskan,”ujarnya.

 

Rep : Restu

Foto : Rahma