Asyiknya Belajar Fisika Siswa MAN ICT

Asyiknya Belajar Fisika Siswa MAN ICT

Pelaihari (MAN ICT) - Pembelajaran Fisika sangat mengasyikkan, hal ini dilakukan menggunakan pembelajarannya langsung praktek di luar kelas dibawah bimbingan guru Fisika Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan, Noorma Yulia, S. Pd. Kamis (18/10/18).

 

Menurut Noorma dengan adanya alat-alat laboratorium tersebut siswa MAN ICT dapat secara langsung mempraktekkan menggunakan alat-alat laboratorium sehingga lebih mudah dalam memahami materi fisika terutama tentang materi mengetahui penentuan Kalor (∆H) reaksi dengan alat kalorimeter

 

Noorma juga menambahkan, Kalor reaksi dapat ditentukan melalui percobaan dengan alat kalorimeter. Kalorimeter adalah suatu sistem terisolasi yang memungkinkan tidak adanya pertukaran materi dan pertukaran energi dengan lingkungan di luar kalorimeter. Artinya semua kalor yang dibebaskan selama reaksi di dalam kalorimeter tidak ada yang terbuang ke luar kalorimeter. Dengan mengukur kenaikan temperatur di dalam kalorimeter.

 

 “Praktikum kali ini insya allah siswa dapat memahami dan menyenangkan dalam belajar fisika,” pungkas Noorma.

 

Salah seorang siswa, Surya Darma Ali mengatakan belajar Fisika sambil praktek dengan alat laboratorium dapat mempermudah pemahaman akan materi pelajaran dan dapat melihat cara kerja ilmiahnya secara langsung. “Saat mempraktekkan kami juga mencatat beberapa materi yang dianggap penting,” ucapnya. (Rep/Ft:Helda)