Dua Siswi MAN ICT Wakili MAN IC Indonesia dan Kalsel pada Ajang OPSI 2019

Dua Siswi MAN ICT Wakili MAN IC Indonesia dan Kalsel pada Ajang OPSI 2019

Pelaihari (MAN ICT) – Nisrina Akmiyati dan Noorsabila Saida siswi kelas XII (Dua Belas) MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan menjadi satu-satunya MAN IC Indonesia dan Madrasah di Kalimantan Selatan yang mampu memasuki Final Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2019 di Surakarta pada 14 s.d. 19 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Madrasah (Kamad) MAN ICT, Hilal Najmi, S.Ag.,M.Pd.I ungkapkan rasa bangganya terhadap kedua siswi MAN ICT karena dengan 2 kategori tersebut (Mewakili MAN IC Indonesia dan Kalsel) dan dengan bangga Kamad melepas Nisrina dan Aida sapaan akrab mereka. Selasa (8/10/19) di Halaman Gedung Administrasi.

Dengan kategori Ilmu Sosial dan Humaniora dan mengangkat judul penelitian tentang “Perspektif Generasi Milenial VS Generasi Z Dalam Minat Terhadap Hoaks” mereka mampu memasuki Final OPSI Tahun 2019. “Bapak harap kalian sukses selalu disana, jaga kesehatan dan jaga nama baik madrasah” pesan Kamad.

OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention). Tahun 2019 merupakan tahun ke-11 bagi Direktorat Pembinaan SMA menyelenggarakan OPSI. Tahun ini bidang lomba OPSI dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), dan Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Dengan mengusung pesan #MENELETIITUSERU, OPSI ingin terus berupaya merubah pandangan umum siswa terhadap penelitian yang dianggap sebagai suatu pekerjaan serius, sulit, dan cenderung membosankan. OPSI ingin memberikan siswa pengalaman meneliti dengan cara yang menyenangkan sehingga minat meneliti terus meningkat dan dapat ditularkan oleh peserta OPSI pada teman dan lingkungannya. 

Sebagai salah satu agenda penting Direktorat Pembinaan SMA, OPSI 2019 juga merupakan ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia sebagaimana telah dilakukan sebelum-sebelumnya.

“Berusahalah yang terbaik dan selalu jaga kekompakan, bapak yakin kalian pasti bias” pungkas Kamad. (Rep/Ft: Ard)