Ekstrakulikuler PMR Siswa MAN ICT

Ekstrakulikuler PMR Siswa MAN ICT

Pelaihari (MAN ICT) - Kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan dibawah binaan guru pembina Drs. Muhammad Sapuan Gestianto. Selasa (02/10/18) di Halaman Madrasah.

 

Kegiatan ekstrakulikuler  PMR kali ini dengan materi memperkenalkan alat Pertolongan Pertama dan cara mempraktekannya oleh anggota Pramuka Wira kepada korban.      

 

Menurut Gestianto, Pertolongan Pertama adalah perawatan pertama yang diberikan kepada orang yang mendapat kecelakaan atau sakit yang tiba-tiba datang sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

“Pertolongan Pertama harus diberikan secara cepat dan tepat sehingga akan meringankan sakit korban bukan menambah sakit korban,” ucap Gestianto.

 

Lebih lanjut Gestianto menambahkan, tujuan utama pertolongan pertama adalah untuk mempertahankan penderita tetap hidup atau terhindar dari maut, membuat keadaan penderita tetap stabil, mengurangi rasa nyeri, ketidak-nyamanan dan rasa cemas dan yang terakhir menghindarkan kecacatan yang lebih parah.

 

Kegiatan ekstrakulikuler memberikan dampak positif karena akan sangat berguna dan bermanfaat mengisi waktu luang dengan kegiatan dan interaksi yang positif bahkan dapat menjadi pengetahuan tambahan untuk pelajaran-pelajaran disekolah seperti pelajaran biologi atau ilmu pengetahuan alam. (Rep:Helda/Ft:Jurnalis)