Hari Batik Nasional, Siswa MAN ICT Kenakan Pakaian Batik

Hari Batik Nasional, Siswa MAN ICT Kenakan Pakaian Batik

 Pelaihari (MAN ICT) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan mengenakan batik untuk memeriahkan Hari Batik Nasional yang diperingati Selasa (02/10/18) di MAN ICT.

Kepala Madrasah (Kamad) MAN ICT Kalsel Hilal Najmi, S.Ag, M.Pd.I. menjelaskan, Batik merupakan perekat bangsa sekaligus menjadi simbol persatuan dan dengan berbatik, tidak ada lagi strata sosial, kaya maupun miskin, karena batik menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan.

“Batik merupakan salah satu budaya nasional serta sudah diakui dunia dan untuk memperkenalkan kepada generasi muda, maka oleh pemerintah dibuatlah suatu hari khusus yang dikenal dengan hari batik nasional,” katanya.
Hilal berharap, dengan adanya hari batik dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan batik kepada generasi muda dan mengajak mereka melestarikannya. “Dengan adanya hari batik, generasi muda lebih mencinyai budaya Indonesia,” katanya.

Salah satu siswa, Mudhiya Ananta mengaku diajak menggunakan batik di sekolah di hari Batik Nasional karena batik adalah karya seni Indonesia dan batik juga menjadi ciri khas serta identitas dari Indonesia. “Selamat Hari Batik Nasional,” ucap Ananta (Rep/ Ft: Helda)