Kamad: Hargai dan Dukung Proses Anak

Kamad: Hargai dan Dukung Proses Anak

Pelaihari (MAN ICT) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan pinta Orang Tua Siswa agar mendukung Proses Belajar anak. “Hargai dan Dukung Proses Anak meskipun mereka menggunakan cara atau pola pikir yang berbeda”. Sabtu (29/6/19) di Aula Madrasah.

Pada Silaturahmi dalam rangka Pembagian Rapor yang dihadiri oleh Seluruh Orang Tua / Wali Siswa MAN ICT tersebut, Hilal berikan sambutan dan pesan untuk orang tua siswa diantaranya dalam menghargai anak dan tidak membedakan anak dengan anak lain atau dengan orang tuanya sendiri.

“Apa pun nilai anak kita, itu adalah yang terbaik. Dan terkadang tidak semua bakat dan kemampuan anak mampu diukur dengan parameter nilai pembelajaran.” Ungkap Hilal.

Hilal juga berpesan kepada orang tua untuk mengapresiasi dengan sebaik baiknya atas nilai yang mereka capai, atas usaha-usaha yang Siswa capai selama ini. Karena anak kita sudah memberikan yang terbaik, dan usaha yang terkeras yang telah mereka lakukan.

Jikalau ada nilai yang kurang, harap orang tua mendiskusikan dengan anak menggunakan cara yang baik dan mengarkan keluhan anak sebaik-baiknya. “Biarkan dia bercerita, jangan dipotong. Insya Allah Kita akan temukan solusi” Saran Hilal.

Psikologi anak harus kita fahami. Sehingga tidak seharusnya orang tua membuat anak menjadi sangat terpuruk atas kerja keras yang kurang maksimal dimata orag tua, orang tua harus dapat membuat anak untuk bangkit dan terus berjuang dengan gembira.

“Perlu dipahamai dengan komprehensif, apa yang anak kita jalani hari ini adalah salah satu fase dari perkembangan tumbuh anak kita. Akan ada banyak harapan dan fase yang akan mereka lalui. Karena itu, tetap berharap baik dan optimis” Pungkas Hilal. (Rep/Ft: Retno)