Keluarga Besar MAN ICT Memasak Bubur Asyura

Keluarga Besar MAN ICT Memasak Bubur Asyura

Pelaihari (MAN ICT) - Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) memasak bersama bubur asyura sebagai sebuah kebersamaan untuk dihidangkan kepada seluruh siswa-siswi MAN ICT, Kamis (20/09/18) di lingkungan madrasah.

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan guna melestarikan tradisi umat Islam yang dilakukan setiap 10 Muharram 1440 Hijriyah.

Pembuatan bubur Asyura dilakukan seluruh dewan guru, staf tata usaha, dan siswa-siswi dan setelah masak, bubur dibagikan kepada seluruh warga MAN ICT.
Kepala MAN ICT Hilal Najmi, S.Ag, M.Pd I mengatakan, tradisi memperingati hari Asyura merujuk pada sejarah Islam dan nuansa gotong royong dan kekeluargaan begitu terasa saat kegiatan dilaksanakan.

“Bulan Muharam ini merupakan bulan pertama dan utama dalam Islam, dengan kegiatan ini diharapkan menjadi semangat baru bagi kami keluarga besar MAN ICT,” ungkap Hilal.

Selanjtnya Hilal menambahkan, terlepas dari banyaknya makna yang bisa ditanamkan pada siswa tentang peringatan 10 Muharram 1440 H, yang tidak kalah penting adalah kesadaran pembuatan bubur asyura diperingati untuk mengenang sekaligus mengambil hikmah dari berbagai peristiwa bersejarah bagi kaum Muslim sejak Nabi Adam Alaihi Salam (AS), manusia pertama yang diciptakan Allah SWT hingga kenabian Muhammad SAW, rasul terakhir sampai akhir zaman.

“Semoga kebersamaan yang terlihat dalam kegiatan memasak bubur Asyura ini bisa terjalin terus, sehingga bisa memajukan MAN ICT,” harap Hilal.

Sementara salah satu staf tata usaha yang memimpin prosesi memasak bubur Asyura Lili Eliyawati menjelaskan memasak bubur Asyura sama seperti memasak bubur biasanya. Hanya, bahan yang dicampur dalam membuat bubur Asyura, biasanya dilengkapi 41 jenis bahan dan rempah-rempah seperti sayur dan kacang-kacangan ditambah ayam kampung.

Bubur asyura dibuat sejumlah 300 porsi yang dibagikan ke seluruh warga MAN ICT. “Makna dari kegiatan agar rasa kebersamaan antara siswa, dewan guru, dan warga MAN ICT yang lainnya tetap terjaga,” ucap Lili. (Rep/Ft:Helda)