MAN ICT BERTABUR PRESTASI

MAN ICT BERTABUR PRESTASI

20 tahun silam, atas inisiasi Prof. DR. Ing BJ Habibie, MAN Insan Cendekia resmi didirikan melalui serangkaian proses penuh perjuangan dengan komitmen bersama yang saling mendukung, memiliki motivasi yang seirama, yaitu: “menjadikan insan-insan terdidik seorang pemimpin yang bertakwa”. Insan Cendekia, adalah brand mark madrasah yang penuh makna inspiratif dengan tujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang Keimanan dan Ketaqwaan serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan merupakan salah satu MAN IC hasil diseminasi Kementerian Agama RI pada generasi ketiga dan saat ini memasuki tahun ketiga masa operasional sejak pendiriaannya pada tahun 2016 silam.

Dalam pelaksanaan kurikulum pendidikannya MAN ICT terus berinovasi mewadahi minat dan bakat siswa terutama dalam penguasaan IPTEK, salah satunya mengembangkan madrasah riset. Tak tanggung-tanggung pengembangan madrasah riset ini didukung dengan dibangunnya fasilitas laboratorium sains teknologi dan perpustakaan digital sebanyak tiga lantai dengan nilai proyek milyaran melalui dana SBSN. Pembangunan laboratorium ini rampung pada akhir tahun 2018 lalu.

Tiga tahun sejak masa operasionalnya MAN ICT untuk pertama kalinya menggelar acara Perpisahan dan Pelepasan Siswa Siswi MAN ICT Kalimantan Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 (angkatan pertama), Sabtu (04/05/2019) di Balroom Novotel Hotel Banjarbaru. Acara tersebut berlangsung meriah sekaligus penuh haru. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan, Drs. H.Noor Fahmi, MM, Wakil Bupati Tanah Laut, H. Abdi Rahman, S.Pd, Ibu Wakil Bupati Tanah Laut, Yati Oktoviani, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut, Drs. H. M. Rusdi Hilmi, MM, Ketua Komite MAN ICT, orang tua/wali siswa kelas XII, seluruh GTK MAN ICT beserta tamu undangan.

Dalam sambutannya Kepala MAN ICT, Hilal Najmi, S.Ag, M.Pd I mengucapkan selamat dan sukses atas kelulusan siswa angkatan pertama yang juga merupakan siswa pertama sejak beroperasionalnya MAN IC di Kabupaten Tala. Bagi Hilal dirinya sangat berbangga, saat pertama kali MAN ICT berdiri, para anak-anak tangguh berjuang hidup di asrama dengan segala kelebihan dan kekurangan tim GTK MAN ICT. Hilal banyak bernostalgia saat masa-masa awal siswa berada di asrama dengan segala peristiwa suka dan dukanya. ``Kami diberikan anak-anak pejuang yang mampu bertahan menghadapi dinamika kehidupan di asrama,``tegas Hilal.

Hilal sangat mengapresiasi para orang tua siswa yang dengan mantap dan yakin memberikan kepercayaan pendidikan anak-anaknya kepada MAN ICT meski baru beroperasional. Hilal mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya karena selama membimbing para siswa, tentu banyak sekali kekhilafan yang perbuat baik disengaja ataupun tidak. Ketidakmampuan tersebut hanya mampu diluapkan dengan kata-kata dan air mata haru di hari perpisahan para siswa kelas XII. ``Terima kasih sudah sama-sama berjuang, hingga MAN ICT mampu dikenal dan menghasilkan berbagai prestasi hingga sekarang,``tambah Hilal.

Hilal juga mengapresiasi penuh terhadap siswa MAN ICT, atas nama Qantya Auiliana Alifa Rahma, yang merupakan siswa pertama MAN ICT yang mengikuti SNMPTN dan berhasil lulus dan diterima di Fakultas Kedokteran Gigi ULM. Teriring doa juga disampaikan untuk dua orang siswa MAN ICT yang sedang mengajukan beasiswa ke Negeri China agar dapat diterima dan menuntut ilmu di luar negeri. Pun senada dengan pencapaian prestasi siswa saat menempuh pendidikan di MAN ICT, dari ajang World Mathematic Invitational (WMI) tingkat Internasional, Olimpiade Sains Tingkat Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES), hingga pertukaran pelajar South Korea Exchange Program 2018 ke Konkuk University Seoul. ``Tak henti kami berbangga atas seluruh capaian prestasi para siswa saat menempuh pendidikan di MAN ICT hingga lulus saat ini,``Pungkas Hilal.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan, Drs. H.Noor Fahmi, MM, saat memberikan sambutan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala Madrasah dan seluruh GTK MAN ICT yang berhasil mendidik dan membentuk karakter insan cendekia pada kelulusan siswa kelas XII tersebut. Fahmi percaya tidak hanya para siswa, tapi para GTK dan seluruh keluarga besar MAN ICT adalah insan-insan terpilih yang mampu menjalankan tugas dan peranannya masing-masing hingga MAN IC mampu sukses dan dikenal luas seperti sekarang. ``Saya ucapkan selamat dan sukses atas kelulusan kalian, Tumbuhkanlah rasa optimis, giat dan sungguh – sungguh dalam belajar. Jangan takut tantangan dan rintangan hingga kalian meraih kesuksesan,``pesan Fahmi.

 Acara Perpisahan dan Pelepasan Siswa Siswi MAN ICT Kalimantan Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 (angkatan pertama), berlangsung dengan sangat khidmat dimulai dengan masuknya pasukan Paskibraka dengan membawa Bendera Merah Putih yang diiringi oleh lagu yang dibawakan oleh tim paduan suara MAN ICT. Prosesi Pengukuhan Siswa Siswi Kelas XII MAN ICT Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan, Drs. H.Noor Fahmi, MM, didampingi Wakil Bupati Tanah Laut, H. Abdi Rahman, S.Pd, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut, Drs. H. M. Rusdi Hilmi, MM dan Kepala MAN ICT, Hilal Najmi, S.Ag, M.Pd I. Pada kesempatan tersebut juga madrasah memberikan penghargaan kepada siswa kelas XII yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik maupun non akademik.

Rangkaian kegiatan hiburan dirangkai dengan berbagai penampilan dari siswa MAN ICT berupa Musikalisasi Puisi yang digawangi Ibu Wakil Bupati Tanah Laut, Stand Up Comedy, Madihin, Akustik, Habsy, tari Rudat dan Pencak Silat. Acara ditutup dengan Agenda Foto bersama.