MAN ICT Sosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019

MAN ICT Sosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019

Pelaihari (MAN ICT) – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cenedekia (MAN ICT) menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019, Rabu (23/01/19) di aula Madrasah.

Wakamad Sarana dan Prasarana Khairulah Amin, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya menghimbau kepada siswa MAN ICT agar betul-betul membaca informasi yang jelas dan tepat, agar jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Bapak berharap dengan adanya sosialisasi ini diharapkan siswa MAN ICT dapat memahami jalur pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN,” pungkas Khairulah

Sementara narasumber Anwar Hadimi, S.Si dalam paparannya mengungkapkan deskripsi jalur dan alokasi daya tampung penerimaan mahasiswa baru dan ketentuan terkait dengan pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN.

Untuk jalur SNMPTN minimal 20% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN, berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya dan biaya ditanggung pemerintah.

Jalur SBMPTN minimal 40% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN, berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN.

Pelaksanaan tes menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Dan terakhir Jalur Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN, dapat menggunakan hasil UTBK.

“Bapak berharap untuk lebih teliti memilih jalur pendaftaran, dipahami dan lebih dicermati setiap syarat pendaftarannya,” ucap Hadimi.

Salah seorang Siswi MAN ICT Nawal Azizah mengaku tertarik untuk ikut jalur SNMPTN, karena jika bisa lulus jalur lewat tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya. “Semoga saya bisa masuk perguruan tinggi favorit saya dan bisa membanggakan MAN ICT,” ucap Azizah. (Rep/Ft:Humas)