Persiapan PAT Berbasis Komputer

Persiapan PAT Berbasis Komputer

Pelaihari (MAN ICT) – Persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Pelajaran 2018/2019 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan Berbasis Komputer. Rabu (21/5/19) di Laboratorium Sains dan Teknologi MAN ICT.

Tahun ini adalah kali pertamanya MAN ICT melaksanakan PAT dengan menggunakan Komputer, oleh karena itu Oprator MAN ICT menyiapkan Komputer, Server dan perangkat lainnya sudah mulai jauh-jauh hari untuk memastikan PAT Berbasis Komputer ini berjalan lancar.

Dengan proses yang panjang mulai dari persiapan Aplikasi PAT menggunakan Web oleh Oprator, persiapan daftar hadir dan sebagainya oleh panitia, sampai pengimputan Soal oleh setiap Guru Mata Pelajaran yang mengajar kelas X dan XI.

Ditemui pada lain kesempatan, Kepala Madrasah Hilal Najmi, S.Ag., M.Pd.I menyatakan bahwa Tahun ini PAT BK Pertama untuk MAN ICT “Semoga PAT BK ini lancar dan dapat dipergunakan pada tahun pelajaran seterusnya” Harap Hilal.

Ketua Pelaksana PAT BK, Drs. M. Sapuan Gestianto, S.Pd menanggapi pasal Keunggulan PAT BK diantaranya adalah menghemat anggaran, meminimalisir kecurangan, mengurangi pemakaian kertas, memudahkan siswa, dan hasil akan lebih cepat diketahui. “Tak hanya keunggulan, PAT BK ini juga memiliki kelemahan tetapi kelemahan itu masih dapat ditangani dan tidak berarti begitu penting” Ujar Sapuan.

Kelemahan tersebut diantaranya ialah seperti Kekurangan Komputer, “tetapi seluruh Siswa MAN ICT memiliki laptop yang dapat digunakan untuk kelancaran PAT BK ini jadi itu tidak menjadi masalah untuk tetap melaksanakan PAT BK ini” Pungkasnya. (Rep/Ft: Retno)