Siswa MAN IC Delegasi Jambore Nasional Generasi Hijau V

Siswa MAN IC Delegasi Jambore Nasional Generasi Hijau V

Pelaihari (MAN ICT) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut \ atas nama Ahmad Haikal Riyadhi Terpilih menjadi Delegasi Jambore Nasional Generasi Hijau (JNGH) V yang akan dilaksanakan di Malang, Jawa Timur. Sabtu (27/7/19).

Ditemui pada kesempatan tersebut, Haikal menjelaskan bahwa Kegiatan JGNH merupakan kegiatan Nasional untuk generasi muda yang cinta lingkungan, tapi untuk bisa dinyatakan lolos peserta ada beberapa seleksi yang harus diikuti berupa video kampanye dan beberapa persyaratan, seperti curriculum vitae, prestasi dalam beberapa lomba dan menyampaikan program Green project.

Green project berupa membuat Bank Sampah di MAN ICT  supaya dapat mengelola sampah yang ada di lingkungan asrama dan Madrasah, dengan diawali pemilahan sampah secara teratur, organik dan anorganik. ``Saya membuat program jangka pendek dan jangka panjang,``ujar Haikal.

Lebih lanjut Haikal menambahkan untuk program jangka pendek adalah pengadaan Bank sampah MAN ICT dan green school community. Jangka panjang berupa kerjasama dengan Dinas terkait untuk sosialisasi ke masyarakat tentang kesadaran membuang sampah, penanaman di daerah pesisir pantai dan bekas galian batu bara illegal yang ada di beberapa Kecamatan di Kab Tala.

``Insya Allah dengan seluruh persiapan yang telah dilakukan dan essay green project yang telah dibuat saya siap berperan aktif pada kegiatan JNGH tahun 2019,``pungkas Haikal.

Sementara itu Kamad MAN IC Tala, Hilal Najmi, S.Ag, M.Pd I mengaku sangat bangga sebab salah satu siswa MAN ICT berhasil lolos ke ajang JGNH tahun 2019 dan menjadikan moment tersebut merupakan salah satu visi madrasah dalam merintis program adiwiyata. ``Saya ucapkan selamat dan sukses,``ujarnya. (Rep/Ft: Retno)