Siswa MAN ICT : Percobaan Saint Menyenangkan Menggunakan Balon

Siswa MAN ICT : Percobaan Saint Menyenangkan Menggunakan Balon

Pelaihari (MAN ICT) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan kelas XI MIA 3 lakukan Percobaan Saint Menyenangkan Menggunakan balon dibimbing langsung oleh Guru Kimia MAN ICT Kalsel, Yuli Yanti, M. Si. Kamis (18/10/18) di Ruang Kelas.

 

Konveksi merupakan suatu peristiwa perpindahan kalor yang diikuti oleh perpindahan partikel-partikel perantara. Namun, pada dasarnya perpindahan kalor secara konveksi pada dasarnya adalah proses perpindahan energi gabungan antara konduksi panas, gerak percampuran dan proses penyimpangan energi.

 

Ditemui usai praktikum Yuli menjelaskan bahwa materi yang disampaikan mengenai pemuaian dan perpindahan kalor, pada saat botol di masukkan pada wadah berisi air panas, balon yang semula kempes berubah menjadi mengembang. Sebaliknya, pada saat botol di masukkan kedalam wadah berisi air dingin, balon yang semula mengembang berubah menjadi kempes.

 

 “Siswa mempraktekkan dan mengamati sendiri proses uji coba tersebut” pungkas Yuli.

 

Lebih lanjut Yuli juga menambahkan bahwa dengan pelaksanaan metode praktikum tersebut dapat mendorong siswa lebih memahami mapel kimia terutama tentang materi tersebut serta mendorong kemampuan siswa untuk melakukan eksperimen dan melakukan penelitian.

 

“Semua siswa terlihat senang dan antusias pada saat praktikum,” pungkas Yuli.

 

Salah seorang siswa, Ibnu Ahmad zhakir mengaku banyak mendapat pengetahuan baru tentang mengenai pemuaian dan perpindahan kalor. “Pada saat udara dipanaskan, udara akan mengalami pemuaian yang menyebabkan terjadinya perubahan volume atupun tekanan yang besarnya sebanding dengan kenaikan suhu yang diberikan”. Ujar Ibnu. (Rep:Helda/Ft:Humas)