INFO PPDB MAN INSAN CENDEKIA

Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) bagi sebuah satuan pendidikan  adalah kegiatan yang amat penting dan mempunyai nilai strategis untuk menjaring calon peserta didik yang berpotensi. Demikian halnya bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, proses PPDB dijadikan sarana untuk menjaring calon  peserta didik yang berpotensi ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal  di madrasah dengan sistem berasrama.

Penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia tahun pelajaran 2017/2018 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator: potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Calon Peserta Didik Baru berasal dari lulusan terbaik MTs/SMP Negeri dan Swasta yang diseleksi secara nasional dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Tujuan seleksi PPDB ini adalah:

  1. Memberikan informasi dan promosi tentang MAN Insan Cendekia kepada masyarakat luas.
  2. Menjaring bibit-bibit unggul yang potensial.
  3. Memberikan kesempatan kepada lulusan MTs/SMP Negeri dan Swasta, serta untuk mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu.
  4. Melakukan rekruitmen dan seleksi untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas dibidang akademik, keimanan, dan ketakwaan.

 

Pelaksanaan kegiatan PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun 2017 direncanakan secara simultan dimulai bulan Januari sampai Juli tahun 2017. Persiapan kegiatan yang dilakukan meliputi; pembentukan Tim PPDB 2017, penyusunan Petunjuk Teknis PPDB, penyiapan software database PPDB online, dan rapat koordinasi antara Direktorat Pendidikan Madrasah dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi/Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia seluruh Indonesia, dan dengan tim IT yang ditunjuk.
Adapun rincian kegiatan dan tanggal penting pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

Kegiatan

Tanggal

A.   Sosialisasi dan Publikasi

17 Januari s.d 4 Maret 2017

B.   Pendaftaran (online)

1 Februari s.d 25 Februari 2017

C.   Seleksi Berkas

3 Februari s.d 28 Februari 2017

D.   Pengumuman Peserta Tes

11 Maret 2017

E.   Pelaksanaan Seleksi

18 Maret 2017

F.   Pengumuman Kelulusan

10 April 2017

G.   Pendaftaran Ulang

11 s.d 20 April 2017

H.   Awal Masuk Asrama

15   Juli 2017

I. Awal Kegiatan Madrasah

17 Juli 2017

 

Pendaftaran

1 Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru

  • Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
  • Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut:
  • a.  Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan,  dan kelas akselerasi.
  • Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Propinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
  • Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi dan Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar Ketentuan poin Huruf a, b dan q di atas.

 

Persyaratan Khusus Untuk Jalur Prestasi :


Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
1)  Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang   diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
2)  Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.

 

Mekanisme Pendaftaran :
Seluruh pendaftar PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia baik jalur tes maupun jalur prestasi melakukan pendaftaran dengan mekanisme sebagai berikut :
a) Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
b) Mengunggah (upload) berkas persyaratan;
1. Rapor kelas IX semester 1 (gazal) yang telah disahkan diupload dalam bentuk file pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB.
2. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4 dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
3. Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an 10 juz atau lebih sebagaimana disebutkan di poin 3 huruf e) dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
4. Akta kelahiran/surat kenal lahir dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
5. Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).

 

 MEKANISME TAHAPAN SELEKSI

A. Seleksi Berkas
Direktorat Pendidikan Madrasah melaksanakan seleksi berkas dengan meneliti pemenuhan persyaratan dan memeriksa data online yang diatur pelaksanaannya dalam 3 (tiga) zona/ wilayah seleksi, yaitu zona Jambi (meliputi seluruh wilayah Sumatera), zona Serpong (meliputi seluruh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), dan zona Gorontalo (meliputi seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua). Selanjutnya, pendaftar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes seleksi akan ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan di website/ laman Kementerian Agama (www.kemenag.go.id), dan website/ laman masing-masing MAN Insan Cendekia.


B. Seleksi Tertulis
Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur tes dilakukan seleksi tertulis.


1. Materi Seleksi
Materi seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Akademik untuk bidang studi: Matematika, Pengetahuan Dasar (IPA dan IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
Penyusunan dan penggandaan materi seleksi PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilaksanakan oleh panitia pelaksana tingkat pusat bekerja sama dengan lembaga asesmen/penilaian independen, serta berkoordinasi dengan panitia pelaksana tingkat wilayah dan tingkat madrasah.


2. Tempat Seleksi
Seleksi peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilaksanakan di tempat yang diusulkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi tersebut minimal 30 pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi berkas.

Jika dalam suatu lokasi tes yang lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti seleksi tertulis kurang dari 30 orang, maka mereka diarahkan untuk mengikuti tes/ seleksi tertulis di lokasi terdekat yang di tentukan panitia. Kondisi geografi dapat menjadi alasan membuka tempat tes dengan jumlah peserta kurang dari 30 orang, dengan pertimbangan efisiensi biaya. Tempat dan alamat lokasi tes/ seleksi tertulis akan diberitahukan kepada peserta melalui pengumuman di website/laman Kementerian Agama dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.


3. Waktu Seleksi
Kegiatan tes/seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia hanya dilaksanakan 1 (satu) kali dan serentak di semua lokasi tes seluruh Indonesia pada:
Hari,Tanggal : Sabtu, 18 Maret 2017
Waktu : 07.30 waktu setempat s.d. selesai.


C. Pengolahan Hasil Tes


1. Standar Kelulusan
Peserta tes dinyatakan lulus apabila:
a. Memiliki skor tes potensi belajar tidak kurang dari batas minimal yang telah ditetapkan;
b. Memiliki skor tes akademik masih berada pada batas nilai passing grade yang di tetapkan;
c. Lulus dari satuan pendidikan MTs/SMP
d. Lulus dari tes kesehatan yang meliputi:
1) bebas narkoba, dan
2) bebas dari penyakit menular (hepatitis, TBC, menular berbahaya) yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah


2. Penentuan Kelulusan
Penentuan kelulusan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

3. Pengumuman Kelulusan
Berdasarkan rapat kelulusan calon peserta didik baru, akan ditetapkan calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus dan sebagai cadangan. Penetapan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di website Kementerian Agama (www.kemenag.go.id), dan website MAN Insan Cendekia.


D. Pendaftaran Ulang
Bagi peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi harus segera melaksanakan proses daftar ulang dengan melengkapi berkas daftar ulang yang telah disiapkan panitia. Penyerahan berkas daftar ulang dapat dilaksanakan secara langsung atau mengirimkannya ke Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia masing-masing.
Salah satu berkas yang wajib dilengkapi dalam proses daftar ulang adalah rekam medis hasil tes kesehatan calon peserta didik baru sebagai bahan seleksi tes kesehatan. Jika sampai batas waktu yang ditentukan calon peserta didik baru yang lulus tidak melakukan daftar ulang, dianggap mengundurkan diri. Posisi calon peserta didik yang mengundurkan diri tersebut selanjutnya digantikan calon peserta didik yang berada pada posisi cadangan berdasarkan nomor urut.