Ciptakan Produk IoT Ramah lingkungan, Siswa MAN ICT Lolos Kompetesi Teknologi Samsung Innovation Campus

Tanah Laut (MAN ICT) - Tidak hanya berprestasi dibidang akademik, tapi juga bersaing dibidang teknologi informasi. Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) berhasil lolos ke stage 3 : Internet Of Things (IoT) Product Development Bootcamp pada kompetisi Samsung Innovation Campus (SIC) 4 tahun 2023.

Tim terdiri dari Anugerah Fajar Ridho, Muhammad Fauzan Anshari, Musthofa Hadi Ulya, Faris Rizqian Najmi, dan Bayu Kurniawan dibimbing dua guru MAN ICT yakni Raudatul Jannah dan Rahman Nul Hakim.

"Alhamdulillah, kami terpilih masuk ke babak selanjutnya yakni bootcamp, yang dimana 110 tim yang dipilih terdiri dari 66 tim SMK dan 44 tim MA. Doakan kami agar melaju ke final nanti dan tim MAN ICT masuk di top 5 pada kompetisi ini," ujar Jannah pada Sabtu (12/05/23).

Produk tim MAN ICT sendiri yaitu Waiste (Waste Management Wisely) yakni produk IoT yang dibuat untuk menjawab permasalahan lingkungan terutama pada pengelolaan sampah.

"Kami senang dapat ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, karena pembuatan produk IoT ini sangat menarik. Terima kasih kepada guru pembimbing dan tim yang luar biasa," ujar Fauzan.

SIC adalah salah satu program pendidikan Samsung Electronics Indonesia dengan tujuan untuk untuk menciptakan talenta yang memiliki kemampuan coding dan siap di dunia kerja, yang diselanggarakan oleh samsung skillvull dan kemenag RI.

SIC ditujukan kepada calon-calon talenta digital yang merupakan siswa-siswi SMK penerima manfaat Samsung Tech Institute dan Madrasah Aliyah di bawah naungan Kementerian Agama RI.


Penulis : Megan
Foto : Rahman