Delegasi MAN ICT Mengangkan OPSILON 2020

Delegasi MAN ICT Mengangkan OPSILON 2020

Pelaihari (MAN ICT) – Delegasi MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan atas nama M. Dzakiyuddin Ar-Ridha peraih juara 2 Mata Pelajaran PPKn, Ahmad Najib peraih 10 besar mata pelajaran PPKn dan M. Fathan Kamil Taqiyuddin peraih 10 besar mata pelajaran Biologi pada Olimpiade Update Science, Social, and Language Competition (OPSILON) 2020 Jenjang SMA/MA Se- Derajat Tingkat Nasional. Senin (24/8/20)

OPSILON adalah salah satu cabang olimpiade yang digelar dalam rangka Olimpiade Update Festival yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Media Partner Olimpiade Update. Event ini diselenggarakan dua kali dalam setahun. Pertama kali diselenggarakan pada Juli 2019 dengan satu subevent yaitu OPSILON dengan total peserta lebih dari 2700 peserta. Pada kesempatan kali ini Olimpiade Update Festival kembali hadir dengan tiga subevent yaitu OPSILON, Lomba Cipta Puisi, dan Lomba Cipta Cerita Pendek.

Mengusung tema “Brilliant generation always has ambition as high as stars” Olimpiade ini diikuti oleh seluruh siswa aktif SMP/MTs/sederajat atau SMA/MA/SMK/sederajat se-Indonesia tahun ajaran 2020/2021 termasuk 3 orang siswa dari MAN ICT yang digelar pada 2 Agustus 2020 lalu.

Dilain kesempatan salah seorang siswa MAN ICT M. Dzakiyuddin Ar-Ridha dengan sapaan akrabnya Jeck mengungkapkan bahwa lomba yang kali ini diikuti oleh peserta lebih dari 2800 peserta yang dibagi dari beberapa bidang Olimpiade tersebut memberikan banyak pelajaran untuk dirinya baik pengalaman maupun ilmu yang ia dapatkan.

Kesulitan soal yang ia kerjakan tidak serta merta membuat ia pantang menyerah dan berputus asa. Jeck degan tekun dan berusngguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang ia hadapi sehingga membuatnya mampu meraih juara 2 pada OPSILON mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) tersebut.

“dengan terus belajar dan berdoa Alhamdulillah dapat meraih juara 2 yang dipersembahkan untuk Orang Tua dan Madrasah tercinta” ucapnya.

Selain itu Jeck juga memberikan pesan kepada seluruh siswa khususnya siswa MAN ICT untuk terus berkarya dan belajar meskipun ditengah Pandemi Covid-19. “jangan sampai momen ini menyurutkan semangat dan menghambat prestasi kita semua” pesannya.

Jeck dan Najib adalah siswa dari peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada MAN Insan Cendekia Tanah Laut tetapi tidak sedikit prestasi yang mereka dapatkan baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional telah mereka raih dengan hasil usaha dan kerja keras mereka yang pantang menyerah dan mengusir jauh rasa malas yang terkadang menghantui mereka.

Kamad MAN ICT, Hilal Najmi turut bangga atas diraihnya prestasi siswanya baik siswa pada peminatan MIPA ataupun IPS tidak ada perbedaan antara kedua peminatan tersebut hanya saja siswa dengan kemampuan istimewa akan menjadi sesuatu dimanapun ia ditempatkan. (Rep/Ft: Humas)