Dua Tim MYRES MAN ICT Melaju ke Tingkat Nasional

Dua Tim MYRES MAN ICT Melaju ke Tingkat Nasional

Pelaihari (MAN ICT) – Dua Delegasi MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan wakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam Final Madrasah Young Researcher SuperCamp (MYRES) Tingkat Nasional Tahun 2020 setelah Lolos ke tahap seleksi Presentasi Proposal pada ajang tersebut. Rabu (14/10/20)

Myrest merupakan ajang kompetisi tahunan karya Tulis Ilmiah yang digagas dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah. Setiap tahun, ribuan proposal diseleksi secara ketat oleh Tim Juri Independen, termasuk dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk ditentukan proposal-proposal terbaik di bidangnya masing-masing. Tahun 2020 ini, menurut data ada 5600 proposal yang masuk, jauh lebih banyak dari tahun 2019 yang lalu yaitu 1.018 proposal, dan 2018 ada 666 proposal.

Kedua Delegasi MAN ICT tersebut terdiri dari Dua tim, Tim Pertama atas nama Henny Rimadhana bersama Ahmad Najib peneliti bidang Ilmu Sosial Humaniora dengan judul “Acil Jukung Dalam Derasnya Arus Pasar Terapung Lok Baintan” dan M. Zainul Ikhsan bersama Islahuddin Al Hikami, peneliti bidang Keagamaan dengan judul “Pengaruh Akun Dakwah Maulid.Incen Terhadap Penolakan Gelombang Radikalisme Pada Generasi Z Dan Generasi Milenial”.

Dibimbing oleh salah seorang Guru MAN ICT, Nahri Fauzan. Mereka akan melaju ketahap selanjutnya, yaitu pelaksanaan Presentasi Proposal secara Virtual pada tanggal 19 s.d. 20 Oktober 2020 sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana lomba tersebut.

Menurut Henny, MYRES bukanlah ajang perlombaan yang biasa baginya, ribuan orang yang mendaftar dan memiliki talenta masing-masing yang tidak kalah luar biasa. Perlu kerja keras, kegigihan, dan kesungguhan dalam meraihnya.

Ia juga berpesan kepada Seluruh Pelajar Indonesia agar jangan pernah putus asa dan selalu mengembangkan ide dan jangan pernah menunda apa lagi sampai membuang waktu, terus meneliti selagi dini. “Kembangkan ide mu, penelitian yang membuatmu semakin ingin tahu karena disanalah letak talentamu !” Pungkas Henny.

Kepala MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Hilal Najmi ungkap rasa syukurnya dan bangganya atas usaha Guru dan Siswa di bawah binaannya untuk terus mencapai yang terbaik sesuai potensinya. “Kami mendorong guru dan siswa untuk mentradisikan meneliti karena meneliti mengasah berpikir kritis dan benar. Semoga perwakilan MAN IC Tala yang juga perwakilan Kalimantan Selatan bisa berhasil ke tahap seleksi berikutnya.” Harap Hilal.