Empat Siswi MAN IC Tanah Laut Lolos Tahap 1 Pertukaran Pelajar ke Amerika

Empat Siswi MAN IC Tanah Laut Lolos Tahap 1 Pertukaran Pelajar ke Amerika

Pelaihari  (MAN IC Tanah Laut) - Siswi MAN Insan Cendekia (IC) Tanah Laut berhasil lolos seleksi tahap satu pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Sebanyak 4 siswi yang berhasil lolos di tahap satu pertukaran pelajar, yaitu Nazwa Nasyla, Aisha Fitri Utami, Ayudya Nursalsabila El Dzikri, dan Dita Septini.

Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan Ahmad Rofi`i mengatakan ke- 4 siswa tersebut terdiri dari siswa kelas X dan kelas XI.

"Lolos tahap 1 ini merupakan tahap regional Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng). Tahun ini yang daftar sekitat 100 siswa lebih, dari Kalselteng dan lolos berkas 24 siswa, 4 di antaranya MAN IC Tanah Laut," terangnya.

Adapun di tahap dua nanti, siswa-siswi yang lolos akan dilakukan tes wawancara kepribadian dan bahasa Inggris. Dilanjutkan dengan tes dinamika kelompok sebelum melaju ke seleksi nasional.

Kepala Madrasah Hilal Najmi mengucap syukur atas keberhasilan siswanya hingga ditahap ini. Ia juga berharap agar pertukaran pelajar ini dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman. "Teruslah mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya. Ingat, perjuangan masih panjang," ucap Hilal.

Program pertukaran pelajar diselenggarakan Bina Antarbudaya, lembaga ini mengurus pertukaran pelajar seperti American Field Service (AFS) dan Youth Exchange Studi (YES) yang mana segala pendaftaran dan proses seleksi melalui halaman web https://seleksibinaantarbudaya.or.id/

Salah seorang siswa Nazwa Nasyla mengatakan untuk mempersiapkan ditahap selanjutnya, ia mengasah diri dengan beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dan melatih speaking English. “Agar ketika wawancara nanti bahasa Inggris saya lancar," terang Najwa, Senin (04/10/21).

Penulis : Oktavia
Foto : Mega