Guru bina Asrama Ingatkan Siswa Amaliah Jumat dan Hafalan

Guru bina Asrama Ingatkan Siswa Amaliah Jumat dan Hafalan

Pelaihari (MAN ICT) - Pembina Asrama bimbing siswa pembacaan surah-surah untuk ingatkan siswa amaliah Jumat dari jarak jauh, Jumat (05/02/2021).

 

Tidan lepas dari kebisaan yang sebelumnya, dilaksanakan setiap seminggu sekali di asrama MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT). Pembina asrama, ustadz dan ustadzah tetap ingatkan siswa laksanakan kebiasan tersebut pada hari Jumat, seperti membaca Istigfar, selawat, zikir, Tabarak, surah Al-Kahfi, dan surah-surah lainnya.

 

Setiap siswa wajib mengisi daftar kehadiran via google form yang selain untuk mengetahui kehadiran siswa, tetapi didalamnya juga terdapat pengingat hal-hal yang harus dikerjakan. Selanjutnya siswa akan mengirim voice note atau video yang dibantu orang tua atau saudaranya untuk setoran surah. Kemudian ustadz dan ustadzah mengoreksi bacaan siswa dan memberikan catatan tambahan sebagai penyempurna hafalan.

 

Rahmawati, S. M. selaku pembina asrama dalam keterangannya menyampaikan, "Sebanyak 8 pembimbing ustadz dan ustadzah dengan metode pembimbingan yang berbeda, kalau saya biasanya Jumat malam, kadang juga ada yang tidak bisa setor jadi dibatasi, kalau dihalaqah atau kelompok saya sendiri kadang-kadang sampai hari Minggu," tutur Rahma.

 

Dengan kegiatan seperti ini siswa diharapkan mampu meningkatkan hafalannya di rumah sehingga ketika kembali ke lingkungan MAN ICT siswa tidak merasa sulit kembali menghafal.

 

Penulis : Humas ICT