Hindari Tanaman Kekeringan, Siswa MAN ICT Ciptakan Alat Penyiram Otomatis

Hindari Tanaman Kekeringan, Siswa MAN ICT Ciptakan Alat Penyiram Otomatis

Pelaihari (MAN ICT) - Salah satu siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) ciptakan alat penyiraman otomatis berbasis arduino.

 

Mengingat air merupakan unsur pokok bagi kehidupan tanaman. Siswa MAN ICT, Mustafa Abdurrahim menciptakan penyiraman otomatis berbasis arduino agar memudahkan manusia dalam merawat tanaman khususnya di bidang perkebunan.

 

Arduino adalah sebuah minimum sistem mikrokontroler bersifat open-source yang banyak digunakan untuk membagun sebuah project elektronika yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut, dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Jadi, mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses, dan output sebuah rangkaian elektronik.

 

Penelitian ini dibimbing oleh Guru Fisika yang juga pembina eskul robotik MAN ICT, Raudatul Jannah. Mustafa angkat penelitian ini dengan judul "Alat Penyiram Tanaman Otomatis Bersensor Kelembaban Tanah Berbasis Arduino".

 

Raudatul Jannah dalam keterangannya menyampaikan, "Penelitian ini sebagai inovasi baru khsususnya bagi madrasah dan petani perkebunan sehingga menghemat air dan energi serta waktu untuk merawat perkebunan," tutur Jannah.

 

Mustafa Abdurrahim juga memberikan keterangan mengenai penelitian tersebut, "Saya membuat penelitian ini sebagai persiapan nantinya di musim kemarau bagi petani perkebunan agar lebih mudah dalam merawat kebun serta para petani yang ingin bepergian," ucap Mustafa.

 

Dengan dibuatnya alat ini, diharapkan mampu memudahkan petani dalam menyiram tanaman agar tidak terlambat walaupun ditinggal bepergian karena alat ini akan bekerja otomatis apabila kelembapan tanah berkurang di bawah batas toleransi tanaman.

 

Alat ini akan sangat membantu tidak hanya petani, tetapi juga penggemar tanaman yang kadang bisa terlupa untuk menyiram tanamannya. Dengan alat ini diharapkan tanaman akan terhindar dari kekeringan karena kelupaan menyiram atau karena ditinggalkan bepergian.

 

Penulis : Humas ict