Kaur TU ingatkan guru aktifkan SIMPATIKA Semester Genap

Kaur TU ingatkan guru aktifkan SIMPATIKA Semester Genap

Pelaihari (MAN ICT) - Kepala Urusan Tata Usaha MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT), Siti Muflihah, S.Ag. ingatkan seluruh civitas akademika untuk aktifkan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (SIMPATIKA) semester Genap, Jumat (05/02/2021).

SIMPATIKA tersedia dalam bentuk situs website resmi dan aplikasi untuk melakukan pendataan pendidik dan tenaga kependidikan secara terpusat. Pendataan yang dilakukan terkait mutu PTK, penilaian kinerja guru, tunjangan profesi guru, sertifikasi guru, pengembangan keprofesian, dan lainnya.

"Saya informasikan ini agar para guru masuk ke akun SIMPATIKA masing-masing dan mengklik tombol aktifkan untuk Semester ini. Bisa dilakukan dengan mudah dan cepat di mana saja. SIMPATIKA penting juga untuk diupdate datanya karena boleh jadi ada perubahan pangkat, golongan, pendidikan, dan lain-lain," terang Muflihah.

Selain mengaktifkan akun masing-masing, guru juga dibantu oleh
Operator SIMPATIKA, Soffanus Hidayat, S.Kom. untuk menginput atau mengerjakan hal-hal yang belum dipahami guru.

Dengan penginputan data Guru dan pegawai oleh operator SIMPATIKA nantinya mendapat Peg ID dari kemenag. Hal ini biasanya dilakukan jika ada pegawai mutasi dan pegawai baru.

"Dengan menanyakan data guru dan tenaga kependidikan langsung kepada guru yang bersangkutan sehingga proses lebih cepat," tutur Soffan.

Di akun SIMPATIKA juga ada fitur kelayakan untuk menerima tunjangan atau sertifikasi. Sebagai salah satu syarat pencairan, maka harus dibuktikan dengan terbitnya surat layak mendapatkan tunjangan dari akun SIMPATIKA masing-masing .