Kendala Mengikuti CBT, Peserta SNPDB MAN ICT Tetap Semangat

Kendala Mengikuti CBT, Peserta SNPDB MAN ICT Tetap Semangat

Pelaihari (MAN ICT) - Pelaksanaan tes Seleksi Nasional peserta Didik Baru (SNPDB) memasuki tahap akhir, yaitu Computer Base Test (CBT). Tim kunjungi para peserta yang memilih lokasi dari rumah, kepala MAN ICT, Hilal Najmi beserta panitia pelaksana (panlak) SNPDB MAN ICT terjun langsung mengunjungi beberapa rumah siswa (home visit) tempat dilaksanakannya tes untuk memantau dan memastikan pelaksanaan kelancaran tes tersebut, Minggu (28/02/21).

Kunjungan yang dilakukan tim SNPDB ke salah satu peserta ,yaitu Syamila Ghina Tiara Putri berasal dari MTsN 2 Tanah Laut. Siswa ini memiliki semangat juang yang tinggi untuk menjadi keluarga besar MAN ICT.
Tes CBT dari rumah mengharuskan siswa untuk menggunakan alat tes yang memadai, yakni laptop dan jaringan internet.


Bagi Syamila laptop masih merupakan barang impiannya, membeli bukan perkara mudah karena kondisi keuangan keluarga yang belum memungkinkan untuk dimilikinya sedang pelaksanaan tes sudah di ambang mata.


Untuk itulah, dengan segala keterbatasannya, tetapi dengan semangat juangnya yang tidak gampang menyerah, Syamila memberanikan diri untuk meminjam laptop kerabatnya. Tidak hanya itu, jaringan internet untuk mengakses jaringan yang stabil juga tak dimilikinya. Untuk itu, selain meminjam laptop juga melaksanaan tempat tes di rumah tetangga yang mempunyai Wifi yang beralamatkan di Jl. Teluk Baru RT. 008 RW. 003 Kelurahan Karang Taruna, Pelaihari.


Semangatnya untuk melanjutkan belajar ke tingkat yang lebih tinggi sudah terlihat dari perjuangannya untuk mengikuti CBT ini, "Saya sangat ingin bersekolah di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Mohon doa semoga saya dapat mengikuti tes ini dengan lancar dan dapat lulus diterima disana," harap Syamila penuh harap ketika ditemui Kamad MAN ICT, Hilal Najmi yang melaksanakan Home Visit.


Selain Kamad juga ada ketua SNPDB MAN ICT yang melakukan home visit kepada peserta secara acak tersebut. Kegiatan tersebut laksanakan sesaat sebelum tes sesi 4 dimulai. "Kami terharu melihat para calon siswa yang mengikuti CBT MAN ICT tetap semangat mengikuti tes walau dari rumah saja. Walaupun ada kendalanya, tetapi mereka tetap berusaha semaksimal mungkin bisa lolos ditahap ini," terang 
Kamad saat memantau peserta mengerjakan CBT. 


Seperti yang kita ketahui bersama, pandemi covid menjadikan lokasi tes dilaksanakan di madrasah atau pun rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan bisa dilakukan dengan sebaiknya. Pelaksanaan tes di satu titik akan menimbulkan kerumunan yang tak bisa diantisipasi dan pelanggaran prokes lainnya 


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana semua peserta tes mengikuti kegiatan di tempat yang sudah difasilitasi pihak madrasah lengkap dengan komputer dan jaringan internet.


Pelaksanaan CBT MAN ICT sendiri dilaksanakan serentak dengan MAN IC seluruh Indonesia selama dua hari pelaksanaan, yakni Sabtu dan Minggu, tanggal 27 s.d 28 Februari ini. Di mana setiap harinya dibagi ke dalam dua sesi.


Selain melaksanakan pemantauan kelancaran pelaksanaan di kampus MAN ICT, Hilal juga memastikan kelancaran tes di luar MAN ICT dengan cara home visit seperti yang disebutkan di atas.


Melihat kondisi di lapangan ini, usaha untuk meraih cita-cita merupakan usaha yang berliku dan tak selalu mudah dijalani. Semoga ini menjadi pembelajaran untuk kita, dengan niat yang kuat untuk melanjutkan studi di madrasah impian, selalu ada jalan yang bisa ditempuh. Semangat dari Syamila bisa menjadi motivasi untuk peserta lain agar selalu berusaha menggapai impian.


(Rep/Ft:Megan/Baity)