Komitmen Cinta Tanah Air, Kamad Instruksikan Guru Hindari SARA

Komitmen Cinta Tanah Air, Kamad Instruksikan Guru Hindari SARA

Pelaihari (MAN ICT) - Tegas Kamad MAN ICT, Hilal Najmi, S. Ag., M. Pd. I. berikan instruksi kepada guru dan tenaga teknis agar hindari SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), Kamis (04/03/21).

 

Instruksi disampaikan di Hall Ainun Habibi yang dihadiri oleh Guru Tenaga Kependidikan (GTK) dan Tenaga Teknis (TT) dengan menegaskan untuk hindari unsur SARA yang dapat menimbulkan perpecahan. "Negara kita adalah negara yang majemuk. Berbeda-beda, tetapi satu juga. Bhineka Tunggal Eka.

Untuk itu, mohon hindari unsur SARA termasuk dalam bersosial media atau berinteraksi dengan orang lain. Jangan sampai menyinggung SARA seseorang," tegasnya.

 

MAN ICT sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menerima siswanya dari berbagai daerah dan provinsi menjadikan asal siswa dari berbagai suku, budaya adat yang berbeda-beda.

 

"Contoh sederhana sebagai seorang guru, janganlah kita berinteraksi dengan siswa atau melakukan evaluasi penilaian kepada peserta didik yang berisi SARA," lanjut Hilal lebih jauh.

 

Adanya instruksi kamad ini dapat menjadi pembelajaran agar selalu berhati-hati dalam perbuatan atau ucapan apapun. Salah satu bentuk cinta tanah air, yaitu dengan toleransi yang artinya menghindari unsur SARA. "Ayo, toleransi kepada sesama," ajaknya mengingatkan.

 

Guru dan tenaga teknis diharapkan dapat melakukan instruksi kamad agar cinta tanah air dengan salah satu wujudnya adalah menghindari SARA.

 

(Rep/Ft: Megan)