Kreatif Masa Pandemi, Siswa MAN ICT Buat Hand Sanitizer Berbahan Atsiri Kayu Manis

Kreatif Masa Pandemi, Siswa MAN ICT Buat Hand Sanitizer Berbahan Atsiri Kayu Manis


Tanah Laut (MAN ICT) - Hingga saat ini Indonesia masih menghadapi covid-19 sehingga kita masih harus mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut membuat siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) membuat inovasi terbaru, yakni pembuatan hand sanitizer berbahan aktif atsiri kayu Manis.

Siswa tersebut bernama Farhan Yazid yang merupakan siswa kelas XI. Ia melakukan penelitian untuk Karya Tulis Ilmiahnya dengan membuat hand sanitizer berbahan aktif atsiri kayu manis.

Farhan Yazid mengatakan bahwa ia memanfaat kayu manis karena memiliki kelebihan yang bersifat antibakteri. "Dari kelebihannnya itu, maka saya mencoba mengkombinasikan dalam pembuatan hand sanitizer, terlebih hand sanitizer banyak digunakan di masa pandemi," ujarnya ketika melakukan praktikum di Laboratorium Kimia MAN ICT, Rabu (03/02/2021).

Dibimbing oleh Guru Kimia MANICT, Fitriani, menjelaskan bahwa hand sanitizer yang dibuat oleh Farhan Yazid berbentuk gel. "Metode pembuatan basis gel menggunakan bahan CMC , glikol dan gliserin serta beberapa bahan lainnya hingga tercampur menjadi satu formula. Selain itu ditambahkan pula ekstrak minyak Atsiri Kayu Manis," papar Fitriani.

Selanjutnya Fitriani menyampaikan bahwa penelitian tersebut akan dipresentasikan pada proyek Karya Tulis Ilmiah siswa yang merupakan program MAN ICT bagi siswa kelas XI.

Penulis: Oktavia
Foto : Humas