Maksimalkan Minat Penelitian, MAN ICT Sukses Selenggarakan Research Seminar

Maksimalkan Minat Penelitian, MAN ICT Sukses Selenggarakan Research Seminar

Pelaihari (MAN ICT) - Maksimalkan minat penelitian, MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) sukses selenggarakan Research Seminar yang dikemas secara daring via zoom meeting selama dua pekan ini dan berakhir pada hari ini, Jumat (26/02/21).

 

Kegiatan Seminar Karya Tulis Ilmiah (KTI) MAN ICT adalah kegiatan untuk menguji proposal penelitian sebelum ke tahap penelitian lapangan dan laporan hasil. Penelitian yang dibuat oleh siswa kelas XI diseminarkan agar siswa mendapat pengalaman uji penelitian di bangku madrasah aliyah. Selain itu juga dengan harapan penelitian siswa tersebut akan lebih ilmiah dan terarah.

 

Kegiatan KTI ini sudah bejalan 2 pekan mulai 15 Februari hingga hari ini, 26 Februari 2021 yang digelar secara online. Sebayak 90 siswa kelas XI mempresentasikan proposal penelitiannya yang didampingi oleh pembimbing yang juga akan bertindak sebagai moderator dan siswa mempresentasikan proposal dihadapan dua penguji via Zoom Meeting.

 

Para penguji menilai siswa berdasarkan persentasi, proposal, dan gagasan penelitian, penguji juga dapat memberikan masukan untuk penyempurnaan proposal siswa.

 

Menurut Kepala Madrasah MAN ICT, Hilal Najmi, S.Ag. M.Pd.I. dalam keterangannya bahwa, "Kegiatan KTI ini diharapkan bisa menambah minat siswa dalam meneliti sehingga siswa mampu membuat inovasi yang baru bagi madrasah," tutur Hilal.

 

Ada tiga bidang penelitian siswa, yakni bidang Sosial Humaniora, Sains, dan teknologi, serta Keagamaan. Setiap siswa diberikan kesempatan sekitar 15 menit untuk mempresentasikan proposalnya yang diolah dalam bentuk Power Point (PPT) kepada penguji dan dilanjutkan dengan pemberian masukan dan saran oleh penguji selama 25 menit. Sebelumnya, 2 hari sebelum pelaksanaan research seminar siswa sudah harus menyerahkan karya tulis ilmiahnya yang sudah benar dan siap diseminarkan untuk bagian Bab I, II, dan III berformat Dokumen word/PDF kepada para penguji melalui pembimbing masing-masing.

 

Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik, Anisaurrohmah, S.Pd., M.E. dalam keterangannya menyampaikan, "Kegiatan Karya tulis ilmiah untuk siswa di MAN ICT ini sangat bermanfaat untuk melatih jiwa meneliti para siswa, kami di bagian akademik mendorong siswa memaksimalkan potensinya di bidang mana pun, tak terkecuali penelitian," ujar Anis.

(Rep/Ft: Oktavia)