MAN ICT GELAR SELEKSI SISWA SECARA NASIONAL

MAN ICT GELAR SELEKSI SISWA SECARA NASIONAL

Pelaihari (MAN ICT) - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) hari ini digelar serentak diseluruh Indonesia. Begitu juga di MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) Kalimantan Selatan.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H. Noor Fahmi ketika memberikan sambutan sekaligus membuka tes CBT tersebut menuturkan bahwa ada trend positif peminat MAN ICT Kalsel yang setiap tahunnya selalu meningkat jumlahnya. “Ini menunjukkan bahwa animo masyarakat Kalimantan Selatan untuk belajar di MAN ICT dengan system boarding school semakin meningkat”, ungkap Fahmi di Pelaihari, Sabtu (22/02/20).

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan bahwa MAN Insan Cendekia Tanah Laut adalah salah satu madrasah unggulan dibawah binaan langsung Kementerian Agama Pusat, berbagai fasilitas dan sarana prasarana berupa Gedung pendidikan yang diberikan oleh Kementerian Agama pusat berbeda dengan madrasah Aliyah regular lainnya. Disamping itu, sarana dan prasarana pendukung lainnya dibantu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. “Tanah 10 hektar, Pembangunan pagar keliling, pengaspalan jalan dan penerangan jalan lingkungan dibantu oleh Bupati Tanah Laut. Sedangkan pembangunan masjid dibantu oleh Gubernur Kalimantan Selatan melalui dana hibah. MAN ICT ini milik Kalimantan Selatan dan milik kita Bersama”, terang Fahmi.

Menurut Hilal, ada peningkatan jumlah pendaftar dibanding tahun kemaren yaitu sekitar sepuluh persen. “Dari 615 siswa yang mendaftar, ada 583 yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti Computer Based Test (CBT) hari ini dan besok untuk memperebutkan 80 kursi siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021”, terang Kepala MAN ICT Hilal Najmi

Pelaksanaan tes CBT SNPDB MAN ICT kali ini dilaksanakan dua hari yaitu Sabtu dan Minggu terbagi dalam empat sesi. Sedangkan materi tes terbagi kepada Tes Potensi Belajar (Psikotes) dan Tes Potensi Akademik (Pengetahuan). “Siswa SMP/MTs yang mendaftar tidak hanya dari Kalimantan selatan namun juga dari provinsi lainnya”, papar Hilal

Tahun keempat beroperasinya MAN ICT Kalimantan Selatan telah memiliki beberapa Gedung utama dan pendukung seperti Gedung Adaministrasi yang berfungsi sebagai kantor, Gedung Kegaiatan Belajar Mengajar terdiri dari 15 rombel, Laboratorium Sains dan Teknologi yang terdiri dari laboratorium Fisika, laboratorium Kimia, laboratorium Biologi, laboratorium Matematika, laboratorium Ilmi Sosial, laboratorium Komputer, dan laboratorium Multimedia, Gedung Pusat Kegiatan Siswa, Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Klinik, asrama siswa, Asrama siswi, kantin dan ruang makan, masjid, rumah dinas guru dan lain-lain.

Madrasah yang berjuluk Kampus Prestasi, Mandiri dan Islami ini telah banyak meraih prestasi akademik maupun nonakademik baik ditingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Hasil seleksi CBT akan diumumkan pada tanggal 7 maret 2020, peserta yang dinyatakan lulus akan daftar ulang pada tanggal 16 -23 Maret 2020.

Pembukaan tes CBT SNPDB tersebut diakhir dengan penandatanganan pakta integritas oleh Proktor dan Pengawas Ruang Tes serta penyerahan Kartu Peserta Tes secara simbolis kepada perwakilan peserta. Hadir pada acara tersebut Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kalsel yang diwakili oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan H.Adnan, Kakankemag Tanah Laut H.Rusdi Hilmi dan undangan lainnya.