MAN ICT Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah Mulai Hari Ini

MAN ICT Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah Mulai Hari Ini

Pelaihari (MAN ICT) -Dalam rangka melatih siswa berpikir kritis, akademis, dan ilmiah, sebagai madrasah bertipologi akademik siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) kelas XI diwajibkan gelar seminar Karya Tulis Ilmiah yang dimulai pada hari ini, Senin (15/02/2021) via Zoom Meeting.

 

Seminar tersebut dilakukan oleh siswa MAN ICT kelas XI dengan menyampaikan proposal penelitian yang direncanakan dari setiap siswa. Kegiatan ini berlangsung selama dua pekan dari hari ini, Senin 15/02/2021 hingga Jumat 26/02/2021.

 

Sebelum siswa melaksanakan kegiatan penelitian di laboratorium atau di lapangan, siswa melakukan seminar proposal yang diuji oleh penguji yang terdiri dari guru MAN ICT. Setiap siswa memiliki pembimbing yang mengarahkan siswa dalam membuat proposal penelitian.

 

Koordinator Karya Tulis Ilmiah, Nahri Fauzan, S.Pd., menyampaikan bahwa penelitian merupakan program wajib bagi seluruh siswa kelas XI di MAN ICT.

 

"Kegiatan penelitian ini   wajib dikerjakan oleh siswa kelas XI. Mereka melakukan serangkaian penelitian baru. Dari mengajukan judul, konsultasi ke pembimbing hingga mengerjakan BAB I, II dan III, layaknya seminar skripsi, tetapi tentu kita tidak membebani siswa di luar kemampuannya. Dengan program ini siswa akan mampu berpikir kritis, akademis, dan ilmiah," tuturnya.

 

Setiap pembimbing dan penguji memberikan nilai setiap siswa. Adapun ketegori penilaiannya seperti, isi relevan dengan konsep permasalahan yang dikemukakan dan ketepatan penggunaan metode, analisa, dan pembahasan, Orisinalitas dan kemuktahiran penelitian, dll.

 

Setelah siswa melaksanakan seminar KTI, kemudian mereka akan melanjutkan ke tahap field research dan literature sesuai dengan metode penelitian yang mereka ajukan ketika seminar proposal.

 

Penulis : OKTA