MAN ICT Halalbihalal Bersama Dirjen Pendis, Direktur GTK, dan Direktur KSKK Madrasah

MAN ICT Halalbihalal Bersama Dirjen Pendis, Direktur GTK, dan Direktur KSKK Madrasah


Pelaihari ( MAN IC) - Kamad MAN ICT, Hilal Najmi, S. Ag., M. Pd. I. bersama Ka. Ur. TU, Siti Muflihah, S.Ag., dan GTK MAN ICT hadiri kegiatan halalbihalal MAN IC se-Indonesia bertemakan "Meneguhkan Tekad, Madrasah Berkelas Dunia, Indonesia Jaya" yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Bertindak sebagai narasumber Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Muhammad Ali
Ramadhani, Direktur KSKK Madrasah, Prof. Dr. H. Moh. Isom, M. Ag., dan Direktur GTK Madrasah, Dr. H. Muhammad Zain, M. Ag., dan para Kasubdit terkait. Halalbihalal tersebut juga dihadiri oleh seluruh kamad, Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN Insan Cendekia se-Indonesia, Jumat (21/05/21).

Dirjen Pendis, dalam paparannya sampaikan bahwa MAN Insan Cendekia (IC) harus memiliki
pemahaman agama yang baik. "MAN IC tentu harus menempatkan etika Islam yang bersumber pada Al-Qur'an, dan Alhadist untuk menjiwai seluruh bidang ilmu yang diajarkan," tuturnya. Beliau meyampaikan juga bahwa kehadiran MAN IC Indonesia dengan didukung berbagai fasilitas, infrastruktur, dan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang mumpuni diharapkan dapat menguatkan pendidikan Islam di tanah air.

Direktur GTK Madrasah menuturkan seluruh GTK hendaknya membekali diri dengan kemampuan literasi, numerasi, sosial budaya, sains, dan literasi agama. Kolaborasi, silaturahmi, dan hablu antarsesama. "MAN Insan Cendekia Indonesia akan membawa pada pendidikan Islam yang hebat bermartabat, sesuai slogan Guru Hebat, siswa Cerdas, dan madrasah bermartabat," harap Zain. "Makna silaturahmi di lebaran tahun ini memang berbeda karena masih dalam keadaan pandemi, Saya pun tidak mudik," lanjut beliau.

Pada kesempatan halalbihalal yang dimoderatori oleh kepala MAN IC Jambi, Dr. Zakiah tersebut,
Direktur KSKK Madrasah yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu, Prof. Dr. Moh. Isom Yusqi juga sampaikan Minal Aidin Walfaizin dan salam perkenalan, "Salam kenal bersinergi, salam untuk memajukan Islam, dan mendukung segala program-program, tekankan kuantifikasi daripada kualifikasi diri, ingat motto madrasah hebat bermartabat, supaya ada sesuatu yang lebih jelas terukur," ungkapnya menyapa sambil memberi semangat kepada peserta yang hadir.

Ketua KKM MAN IC se-Indonesia sekaligus Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basit, pada kegiatan tersebut melaporkan hal-hal terkait MAN IC dan sekaligus memperkenalkan seluruh kepala MAN IC se-Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa kehadiran MAN Insan Cendekia yang pada awalnya hanya 2, yakni MAN IC Serpong serta Gorontalo kemudian bertambah 3 MAN IC Jambi hingga kemudian sampai hari ini berkembang pesat menjadi 23 MAN Insan cendekia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, disampaikan regulasi-regulasi yang diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan MAN Insan Cendekia dapat berjalan tanpa hambatan.

Sebelum acara inti dimulai, Sekretaris KKMA, yaitu Kepala MAN ICT Hilal Najmi, S. Ag., M. Pd. I. juga sampaikan Selamat Idulfitri sambil menyapa para peserta yang hadir.

Penulis: Humas
Foto : Megan