Pandemi Covid-19 Tidak Menyurutkan Semangat Belajar Siswa

Pandemi Covid-19 Tidak Menyurutkan Semangat Belajar Siswa

Pelaihari (MAN ICT) – Meskipun di tengah Pandemi Covid-19 (Corona Virus) tidak menyurutkan semangat belajar Siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan. Selasa (6/2/20).

Pembelajaran pada MAN ICT tetap dilaksanakan sejak siswa dirumahkan yaitu minggu ke tiga bulan Maret lalu dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan demikian, proses pembelajaran akan selalu dalam pantauan keamanan, kesehatan, dan keselamatan, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh Siswa MAN ICT baik pada masa pemberlakuan PSBB maupun saat penerapan new normal.

MAN ICT menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah dari Direktorat KSKK Madrasah untuk menunjang proses pembelajaran agar tetap efektif dan menyenangkan. Pembelajaran terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Terdiri dari dua mata pelajaran setiap harinya.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Madrasah Hilal Najmi memaparkan bahwa aktivitas pembelajaran pada masa Covid19 berpedoman pada kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

“Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020” Jelasnya.

Pada kesempatan lain, Hilal juga memantau proses pembelajaran melalui aplikasi yang sama digunakan untuk pembelajaran. “Untuk memastikan Pembelajaran tetap terlaksana dengan baik dan efektif” Tambahnya.

Selain itu, Salah seorang siswa MAN ICT Kurnia Cahya Muslimah juga mengatakan bahwa proses belajar mengajar yang telah ia jalani selama dua bulan tersebut tidaklah Menghalanginya untuk tetap fokus dan mendapat ilmu yang diajarkan oleh Guru seperti di kelas pada umumnya.

"Selain karena kemudahan yang kita dapat saat menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah kita juga gampang untuk memahami materi pembelajaran dan mudah di akses kapan saja dan dimana saja jadi kita tetap fokus dalam belajar". Terangnya.

Ditemui dilain kesempatan Noorma Yulia bersama rekan guru lainnya sepakat untuk tetap berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran kepada siswa di masa Pandemi Covid-19 ini, baik pada pemberlakuan Masa PSBB maupun saat pelaksanaan new normal di madrasah.