Perkuat Kebahasaan, Keasramaan MAN ICT Adakan Program Bina Bahasa Asing

Perkuat Kebahasaan, Keasramaan MAN ICT Adakan Program Bina Bahasa Asing


Pelaihari (MAN ICT) - Keasramaan MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) adakan program Bina Bahasa Asing secara daring, Selasa (02/02/2021).

Program Bina Bahasa Asing adalah sebuah pembekalan dan pembiasaan praktik yang ada di MAN ICT dengan target kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa arab sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Wakamad Keasramaan, Rahmadi, M.Pd.I. dalam keterangannya berharap kebiasaan berbahasa dapat diterapkan tidak hanya di asrama, tetapi juga di rumah masing-masing.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa diharuskan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab untuk berkomunikasi selama jam-jam tertentu di asrama dan di lingkungan rumah," tutur Rahmadi.

Program ini akan diadakan setiap satu kali dalam seminggu, tepatnya setiap hari Rabu dengan mentor yang berbeda-beda berdasarkan jadwal yang sudah disediakan. setiap mentor mengajar beberapa kelas.

Dengan metode daring, mentor akan mengirimkan materi, siswa kemudian setoran hafalan bahasa Arab atau hafalan kosa kata yang nantinya akan dikoreksi oleh mentor. Tidak jarang juga para mentor dan siswa menggunakan via pesan untuk mengirimkan materi dan pesan suara untuk setor hafalan atau review video.

Meski melalui daring, banyak siswa MAN ICT merasa antusias mengikuti program ini. Rahmawati, S.M. yang merupakan salah satu mentor dalam keterangannya bahwa sering mengalami kendala jaringan, tetapi siswa-siswi tetap konsisten mengikuti program. "Karena saya sering mengalami gangguan jaringan, ketika menggunakan via zoom meeting. Saya biasanya menggunakan via pesan untuk memberikan materi dan siswa bisa kirim setoran hafalan vocab dan review video. Dari situ saya tahu anak yang masih belum fasih bacaannya. Sejauh ini anak-anak sangat antusias mengikuti program ini," ucap Rahma.

Penulis : Oktavia
Foto : Humas MAN ICT