Serba - Serbi Metode Ilmiah : Menumbuhkan Jiwa Meneliti bagi para Siswa

Serba - Serbi Metode Ilmiah : Menumbuhkan Jiwa Meneliti bagi para Siswa

Pelaihari (MAN ICT) – Minggu pertama di bulan Juni Guru pada MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan disibukkan oleh kegiatan PAT untuk semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dan kegiatan sidang KTI (Karya Tulis Ilmiah) bagi siswa kelas XI. Kegiatan sidang ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya untuk memperkenalkan siswa dengan kegiatan literasi, mulai dari penulisan prososal, sidang proposal, kegiatan penelitian hingga sidang karya tulis ilmiah.

Salah seorang Guru MAN ICT, Fitriani mengungkapkan bahwa ia diberikan tugas untuk membimbing 8 orang siswa dalam kegiatan KTI ini. Kegiatan kepembimbingan dimulai dari semester lalu dan banyak sekali hal menarik selama ia melakukan kepembimbingan.

“Menumbuhkan kepercayaan diri siswa dalam menentukan tema dan judul penelitian tidaklah mudah. Awalnya saya meminta beberapa siswa saya menuliskan judul yang ingin mereka angkat, hal yang melatar belakangi judul tersebut, serta apa tujuan yang ingin mereka capai dari kegiatan penelitian yang akan mereka lakukan” Terang Fitri. Rabu (10/6/20) di Banjarbaru, Kediaman beliau.

Selain itu, Beberapa dari siswa yang ia bimbing sudah memiliki judul dan ada pula yang masih bingung tema apa yang ingin mereka teliti. Dalam kepembimbingannya ia mengarahkan siswa untuk mempertajam latar belakang, karena pada latar belakang tersebut penelitian dilihat kebermaknaannya terutama pada lingkungan sekitar, begitu pula dengan hal kebaruan maupun kearifan lokal yang menjadi poin penting dalam suatu penelitian.

Dilangsir dari blog pribadinya, ia mengartikan bahwa Penelitian merupakan aktivitas yang didasarkan pada investigasi/observasi intelektual (dengan cara sistematis dan menggunakan kaidah ilmiah) yang bertujuan untuk menemukan, menafsirkan, merevisi, meningkatkan kekayaan pengetahuan manusia tentang berbagai aspek. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dengan langkah metode ilmiah.

Pada metode ilmiah, langkah-langkah dilakukan secara sistematis, logis, runut, jujur hingga diperoleh suatu konsep, teori dan temuan. Berikut beberapa Langkah sistematis metode ilmiah : (1) merumuskan masalah (2) menemukan hipotesis (3) menetapkan variable penelitian (4) menetapkan prosedurk kerja (5) mengumpulkan data lewat eksperimen (6) mengolah dan menganalisis data dan (6) membuat kesimpulan (7) mengkomunikasikan hasil penelitian.