Setda Tala Serahkan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kepada MAN ICT

Setda Tala Serahkan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kepada MAN ICT

Pelaihari (MAN ICT) - Bupati Tanah Laut diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Dahnial Kifli didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut, Hj. Nina Sandra menyerahkan Penghargaan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah kepada Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT), Hilal Najmi disela apel gabungan pemkab Tala. Senin (24/02)

Bersama dengan 4 Sekolah lain yang juga mendapatkan Penghargaan tersebut, Dahnial mengucapkan selamat dan berpesan kepada para kepala sekolah penerima penghargaan tersebut agar menjaga kualitas kantin sekolah masing-masing. “Jajanan anak sekolah yang diwujudkan melalui penataan kantin sehat sekolah sebagai salah satu upaya untuk melindungi peserta didik dari jajanan yang berbahaya”, pesan Dahnial.

Program Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBKPKS) diinisiasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) RI untuk mendorong penerapan praktek keamanan pangan yang baik pada kantin sekolah. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan prinsip dasar tentang keamanan pangan bagi kantin sekolah, serta memberdayakan dan mendorong kemandirian komunitas sekolah dalam melakukan pengawasan jajanan anak sekolah sehingga aman, bermutu dan bergizi.

Kepala MAN menjelaskan bahwa untuk meraih penghargaan tersebut MAN ICT telah melalui tiga kali audit dan pembinaan dari Tim BPOM Provinsi Kalimantan Selatan kepada pengelola kantin di sekolahnya, audit dilakukan terhadap dokumen dan kantin.

“Sebagai madrasah boarding School, menu makanan dan jajanan dikantin menjadi salah satu perhatian kami agar anak-anak mendapatkan asupan gizi yang baik dan sehat untuk mendukung perkembangan dan proses pembelajaran’, terang Hilal.