Siswa MAN ICT Juara Terfavorit Duta Genre 2020

Siswa MAN ICT Juara Terfavorit Duta Genre 2020

Pelaihari (MAN ICT) – Siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan atas nama Moch. At Thariq Alif Firdaus sukses meraih Juara Terfavorit Duta Generasi Berencana (Genre) yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov. Kalimantan Selatan. Sabtu (29/8/20) di Tree Park Hotel Banjarmasin.

Setelah memperebutkan gelar juara bersama 20 remaja putera dan puteri dalam seleksi Duta Genre yang dijaring oleh BKKBN Kalsel dalam rangka menyukseskan program keluarga berencana dikalangan remaja Indonesia khususnya Kalimantan Selatan yang nantinya akan dijadikan sebagai figure atau motivator bagi teman sebayanya.

Tujuan digelarnya pemilihan Duta Genre dan pengenalan program keluarga berencana terhadap pelajar ialah dikarenakan sejumlah permasalahan remaja menjadi perhatian khusus pemerintah, seperti pernikahan dini, perilaku seks pranikah hingga penyalahgunaan Napzah. Selain itu program ini juga disiapkan untuk membentuk generasi muda yang lebih berkarakter.

Sebelum memutuskan untuk memilih siapa yang menjadi juara pada ajang pemilihan tersebut, 20 remaja kalsel yang telah terpilih melalui babak interview online beberapa saat lalu dilanjutkan dengan masa karantina selama 3 hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Aliq sapaan akrab siswa MAN ICT tersebut sebelumnya telah bergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja yang dibimbing oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Tanah Laut ricis MAN Insan Cendekia Tanah Laut yang dikoordinatori oleh Guru MAN ICT, Imam Tuharudin.

Alasan Aliq mengikuti ajang pemilihan ini dikarenakan ketertarikannya terhadap program dari BKKBN tersebut dan tekadnya untuk mensyiarkan ilmu yang dia dapatkan yang ia rasa sangat bermanfaat bagi remaja sebayanya agar tidak salah dalam mengambil langkah. “saya ingin remaja seusia saya memiliki produktifitas dalam berkarya dan bersama-sama membangun bangsa yang maju dan bebas dari Narkotika dan mencegah Pernikahan dini” Pesannya.

Ditemui usai terpilihnya ia merasa sangat bersyukur atas kesempatan yang Allah berikan kepadanya, usahanya membuahkan hasil yang manis dan dapat membanggakan kedua orang tua dan madrasah tercinta.

Pada lain kesempatan, Kamad MAN ICT Hilal Najmi mengatakan bahwa anaknda Aliq adalah siswa yang tekun dan mau berusaha, jadi tak heran jika ia selalu menjadi juara pada setiap evet yang ia ikuti. “Kami pihak madrasah merasa sangat bangga terhadap anaknda aliq, tak lelah ia selalu berusaha untuk mewujudkan cita-citanya dan mengharumkan nama madrasah ini” ujar Hilal. (Rep/Ft: Humas)