Siswa MAN ICT Melaju ke KSM Tk. Nasional

Siswa MAN ICT Melaju ke KSM Tk. Nasional

Tanah Laut (MAN ICT) - Dua siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT)  meraih juara pada event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi jenjang SMA/MA tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam.

siswa tersebut diantaranya, Muhammad Baihaqi, meraih juara 1 bidang Ekonomi Terintegrasi, dan Muhammad Rizal Rahmatullah, meraih juara 3 bidang Geografi Terintegrasi yang diumumkan pada tanggal 14 September 2022.

Sebelumnya, kedua siswa tersebut telah melalui tahapan seleksi KSM, mulai dari tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di MAN ICT, dan tingkat Provinsi dilaksanakan di MAN 2 Banjamasin, hingga satu siswa MAN ICT yang akrab disapa Baihaqi, meraih juara 1 yang mengantarkannya melaju ke babak tingkat Nasional dan akan digelar pada tanggal 10-14 Oktober 2022 mendatang di Jakarta untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan.

Baihaqi mengaku dirinya sangat senang bisa meraih juara di ajang bergengsi setelah 2 tahun terakhir dirinya sempat gagal di KSM tingkat Provinsi. "Ini merupakan pertama kalinya saya ikut lomba berjenjang hingga sampai ke nasional. Kegagalan tahun sebelumnya menjadikan saya bertekat untuk terus bangkit, hingga akhirnya saya bisa mmebuktikan kepada diri sendiri, bahwa saya bisa melakukannya." terangnya ketika di hubungi melalui WhatsApp pada Kamis (15/09/22).

Sementara, Muhammad Rizal Rahmatullah mengaku bangga mampu mencetak prestasi hingga dititik ini. "Saya akan terus cetak prestasti meskipun nantinya sudah tidak berada di MAN ICT, semoga dari prestasi ini adik-adik yang lain mampu melanjutkan KSM ke tingkat Nasional di tahun-tahun mendatang," harapnya.

Salah satu guru pembimbing Anisaurrohmah ketika dihungi awak humas menjelaskan tentang persiapan siswa dalam menghadapi KSM. "Para Siswa dibimbing untuk mempelajari dalil-dalil yang berhubungan dengan bidang yang diambil. Karena ini adalah event sain madrasah, jadi tidak hanya pelajaran umum yang akan diuikan. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan kepala madrasah, dan seluruh warga MAN ICT, siswa MAN ICT mampu meriah juara," ucapnya.

Rasa syukur yang mendalam atas prestasi siswa MAN ICT juga disampaikan Kepala MAN ICT Hilal Najmi dan terima kasih kepada guru pembimbing dan seluruh siswa yang mengikuti KSM tahun 2022.

“Bagi siswa yang belum meraih juara, tetap semangat dan jadikan hal ini pengalaman untuk mengikuti dievent lomba lainnya. Kepada siswa yang melaju ke nasional, mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena tidak hanya mewakili nama MAN ICT, namun juga mewakili Provinsi Kalimantan," pesan Hilal.