SISWA MAN ICT OLAH BAHAN ALAMI MENJADI HAND SANITIZER

SISWA MAN ICT OLAH BAHAN ALAMI MENJADI HAND SANITIZER

Pelaihari (MAN ICT) - Setelah sukses minggu lalu membuat Hand Sanitizer dari bahan campuran alkohol dan Ekstrak Lidah Buaya, Siswa MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) Kalimantan Selatan yang didampingi oleh Guru Mata Pelajaran Sains MAN ICT kembali mengolah Hand Sanitizer dari bahan alami lainnya. Rabu (18/03/2020) di Laboratorium Kimia, Gedung Sains dan Teknologi - MAN ICT.

Hand Sanitizer yang dibuat kali ini tidak menggunakan alkohol melainkan dari bahan Ekstrak Daun Kemangi, Daun Kersen dan Daun Sirih.

Inisiatif pembuatan hand sanitizer alami tersebut seiring dengan semakin langkanya hand sanitizer pabrikan dipasaran akibat merebaknya virus Covid-19/Corona dan menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Madrasah (Kamad) MAN ICT, Hilal Najmi tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan kampus MAN ICT yang salah satu poinnya adalah Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Siswa MAN ICT dibimbing para guru sains meneliti dan menguji coba tumbuhan alami yang terdapat di sekitar kampus dan dapat digunakan sebagai bahan pembuat antiseptik.

"Kali ini anak-anak tertantang untuk membuat Hand Sanitizer dari bahan alami yang tumbuh di sekitar kampus dan memiliki banyak khasiat tanpa menggunakan kandungan Alkohol" jelas Noorma, salah seorang Guru Sains MAN ICT.

Pembuatan Hand Sanitizer sangatlah mudah dan dapat di praktikkan oleh setiap orang. Salah satunya adalah Hand Sanitizer dengan Ekstrak Daun Kemangi. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan bahan seperti Daun Kemangi, Lidah Buaya, Essensial Oil, Aquades, Air dan H2O2.

Langkah ke 2, Cuci bersih Daun Kemangi, Kupas Lidah Buaya dan Cuci hingga bersih, Haluskan Kemangi dan Lidah buaya secara terpisah kemudian disaring. Setelah itu campurkan semua bahan dengan ketentuan 3 takaran untuk Ekstrak Daun Kemangi banding 1 Takaran Air dan 13ml kandungan H2O2.

Sedangkan untuk takaran Ekstrak lidah buaya dan ekstrak kemangi menggunakan perbandingan 1 banding 1. Jika semua cairan telah tercampur masukkan ke dalam botol spray.

Daun kemangi (ocinum cannum) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat sebagai obat, pestisida nabati, penghasil minyak atsiri, sayuran dan minuman penyegar. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropis termasuk di Indonesia dengan berbagai khasiatnya.

Ditemui pada kesempatan tersebut, Fathan salah seorang Siswa MAN ICT ungkap kekhawatirannya terhadap penyebaran Corona Virus atau Covid-19. Menurutnya, selain tetap berpegang teguh kepada ketentuan Allah SWT tidak ada salahnya bahwa manusia berikhtiar untuk mengupayakan pencegahan Virus tersebut.

"Kita harus tanggap dengan keadaan dunia sekarang, khususnya Indonesia dan siap siaga membentengi diri dan lingkungan salah satunya adalah menjaga kebersihan diri. untuk itu, hand sanitizer adalah salah satu upaya untuk menjaga kebersihan tubuh, khususnya bagian tangan" Ujarnya.

Tiga produk ini masih dalam tahap uji coba dan hanya diperuntukkan bagi warga MAN ICT yang nantinya akan dilakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan Ketahanan Produk dan Efek Produk terhadap pengguna.

Uji coba ketahanan produk yaitu menguji seberapa produk bertahan artinya tidak ada perubahan fisik seperti bau, perubahan warna dan lain sebagainya. Sedangkan Uji Efek Produk terhadap pengguna apakah ada efek samping terhadap pengguna seperti gatal, muncul ruam dan kemerahan pada kulit, iritasi dan sebagainya.

Di akhir kesempatan, Noorma menyatakan bahwa apabila produk ini sudah lulus Uji. Maka, kemungkinan besar ia dan timnya akan memproduksi lebih banyak lagi dan dengan Ekstrak tanaman alami lainnya yang tentunya tanpa menggunakan alkohol.