Siswi MAN ICT Ikuti Diklat PASKIBRAKA

Siswi MAN ICT Ikuti Diklat PASKIBRAKA

Pelaihari (MAN ICT) – Siswi MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan, Shena Widya Putri Hartono ikuti Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75 pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Pelaksanaan Diklat tersebut dilaksanakan mulai tanggal 8 s.d. 18 Agustus 2020 di di Hotel Harapan Indah, Kab. Tanah Laut yang diikuti oleh 4 Putra dan 2 Putri Paskibraka Tahun 2019 lalu.

Berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, Akibat Pendemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) ini, Peringatan ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan dengan sederhana dan tetap menerapkan protocol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Ditemui dilain kesempatan, Shena merasa bangga dikarenakan terpilihnya ia kembali untuk mengemban amanat yang sangat besar untuk memperingati Kemerdekaan Bangsa Indonesia tetapi ia juga merasa sedih dikarenakan peringatan tahun ini tidak dapat dilaksanakan seperti tahun sebelumnya.

Dikutip dari banuapost.co.id, Bupati Tanah Laut pada saat pembukaan Diklat peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Gedung Serantang Seruntung, Kantor Setdakab Tanah Laut, akhir pekan tadi mengatakan bahwa pada keadaan ini semua warga Tanah Laut senantiasa berikhtiar dengan menerapkan protocol kesehatan tidak terkecuali dalam upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang tinggal hitunga hari.

“Tiga pengibar, satu pembawa baki di dampingi pengawalan dari TNI dan Polri masing-masing dua orang. Tanpa mengurangi makna dari peringatan detik-detik proklamasi, pembatasan ini harus kita lakukan” tegas Kamta.

Selain itu, Sukamta mengimbau peserta diklat agar pandemi dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga dapat membangkitkan semangat nasional . 

“Mari refleksikan betapa dahulu kita merdeka juga dalam keadaan susah. Serba terbatas dan serba kesulitan. Kita contoh semangat para pejuang, dan di tengah kesulitan ini, kita justru harus menjadi satu kesatuan yang utuh, serta saling membangun tanggung jawab,” pungkasnya. (Rep/Ft: Humas)