SNPDB MAN ICT, Terima Jalur Prestasi dan Reguler

SNPDB MAN ICT, Terima Jalur Prestasi dan Reguler

Tanah Laut (MAN ICT) - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun pelajajaran 2022//2023 di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) se-Indonesia termasuk MAN IC Tanah Laut telah dibuka oleh Kementerian Agama Repubik Indonesia terhitung sejak Senin (10/01/22).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi Kemenag https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id. yang dibuka dalam dua jalur yaitu, prestasi dan reguler atau tes dengan kuota terbatas.

 Pendaftaran jalur prestasi dibuka dari 10 Januari – 7 Februari 2022. Sedangkan pendaftaran jalur reguler dibuka dari 10 Januari – 14 Februari 2022.

"Hari ini adalah hari pertama SNPDB dibuka, pagi ini sudah ada yang mendaftar. Sudah kita sebarkan di media sosial mulai dari tata cara pendaftaran, petunjuk teknis, dan tutorial mendaftar," ujar Kepala Madrasah Hilal Najmi.

Pada tahun ini, daya tampung di MAN ICT berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 putra dan putri, dengan kuota penerimaan MIPA 60 orang dan IPS 20 Orang. Dalam proses pendaftaran, setiap calon siswa yang memilih jalur prestasi dapat menginput data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi dan data 2 pilihan madrasah yang dituju.

Jika calon siswa memilih jalur reguler maka seleksi melalui tes berbasis CBT (computer based test) yang terbagi menjadi dua melipiuti, tes potensial dan tes akademik.

Ketua panitia SNPDB Akhmad Rofii menambahkan persyaratan dan kelengkapan berkas yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. "Salah satu syaratnya adalah calon siswa berusia maksimal 17 tahun per 1 Juli 2022 dan tercatat sebagai peserta didik kelas IX SMP/MTs sederajat pada tahun ajaran 2022/2023," ungkapnya.

Tidak hanya MAN IC se- Indonesia, hari ini SNPDB juga dibuka secara serentak di MAN Program Keagamaan (PK) dan MA Kejuaran Negeri (MAKN).

Penulis : Megan
Foto : Megan