SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAL PROSES PEMBELAJARAN DARI MUARA SAMPAI HILIR

SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAL PROSES PEMBELAJARAN DARI MUARA SAMPAI HILIR

Pelaihari (MAN ICT) – Kepala Madrasah (Kamad) MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Hilal Najmi, S.Ag., M.Pd.I. melaksanakan supervisi akademik semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui aplikasi e-Learning Madrasah Kementerian Agama RI, Kamis (18/02/2021).

Tiga guru yang menjadi sasaran supervisi akademik tersebut adalah Yuli Yanti mata pelajaran Kimia, H. M. Fakhriannor, S.Pd.I., M.Pd. mata pelajaran Bahasa Arab, dan Noorma Yulia, S.Pd. untuk mata pelajaran Fisika.

Masa Pandemi Covid-19 berimbas kepada dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dillaksanakan secara langsung dengan tatap muka di ruang kelas bergeser kepada Belajar Dari Rumah (BDR) untuk memutus dan menghindari penyebaran virus corona. Perubahan sistem pembelajaran tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran dan pola supervisi yang dilakukankan supervisor disesuaikan dengan pembelajaran di masa pandemi.

Pelaksanaan BDR memasuki bulan kesebelas sejak ditetapkannya Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tanah Laut sebagai daerah darurat covid-19 pada pertengahan bulan Maret 2020. Kendati demikian, pelaksanaan mengajar dan belajar MAN Insan Cendekia Tanah Laut yang dilakukan di rumah masing-masing berjalan lancar.

Menurut Kepala Madrasah, untuk memastikan kegiatan BDR tetap berjalan, dirinya selaku kepala madrasah selalu memantau aktivitas mengajar dan belajar melalui kegiatan supervisi akademik untuk memastikan kegiatan pembelajaran berjalan lancar dan sesuai dengan target masing-masing mata pelajaran

Selain itu, supervisi akademik adalah salah satu kompetensi kepala madrasah yang harus dipenuhi dan wajib dilaksanakan. Supervisi akademik sebagai pengawal terlaksananya pembelajaran dan suksesnya pembelajaran.

“Hilir dari kegiatan pembelajaran adalah ketuntasan kurikulum, prestasi belajar, dan prestasi akademik serta nonakademik peserta didik. Adapun muara dari kegiatan pembelajaran adalah kesiapan perangkat, proses, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sedangkan supervisi akademik adalah pengawal proses pembelajaran tersebut dari muara sampai ke hilir,” terang Hilal.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dan supervisi akademik di MAN Insan Cendekia di masa pandemi covid-19 berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan.

(Ref/Ft:Humas ICT)