Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

KAMAD LEPAS DELEGASI MAN ICT DI AJANG EPIC DAN PERTIKAWAN

 

Tanah Laut (MAN ICT) Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT), Hilal Najmi didampingi Wakamad Kesiswaan, Sugianto dan Wakamad Akademik, Siti Salma secara resmi melepas  delegasi MAN ICT untuk mengikuti dua event sekaligus, Jum’at (03/11/2023) di Halaman Gedung Administrasi.

 

Delegasi tersebut yakni Muhammad Wildan Anshari, Muhammad Irfan Kamil, Muhammad Rafi Hafizh yang akan belaga pada Olimpiade Fisika pada Ajang Event of Physics (EPIC) 2023, yang dibimbing oleh Guru Sains, Noorma Yulia, dan tim Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Kalimantan Selatan terdiri dari Muhammad Alif Pratama, Ihsan Lazuardi, Aisyah Al Humaira Ramadha dan Keisha Hafiza, yang dibimbing oleh Pembina Pramuka, Rahmadi. 

 

Kamad berpesan kepada siswa yang akan berangkat di dua event tersebut agar memiliki komitmen untuk dapat memberikan hasil yang terbaik bagi madrasah dengan menggali pengalaman sebanyak-banyaknya karena mereka adalah orang-orang yang terpilih. Mereka telah melewati serangkaian proses seleksi hingga berhasil dinyatakan sebagai delegasi siswa MAN ICT. “Keikutsertaan kalian tentu merupakan kebanggaan bagi diri sendiri dan keluarga,”ujar Kamad.

Kamad menambahkan khusus untuk Event Pertikawan keikutsertaan delegasi MAN ICT sebagai langkah awal perwujudan MAN ICT sebagai Madrasah berwawasan Lingkungan. Nantinya para siswa akan menjadi duta Kalpataru untuk penanaman nilai-nilai kepedulian lingkungan pada kegiatan pramuka MAN ICT. Oleh karena itu selama event kemah siswa harus belajar sebanyak-banyaknya agar nantinya bisa menularkan ilmu yang di dapat kepada kawan-kawannya. “Selamat bertanding dan berkemah, jaga kondisi kesehatan dan semoga mendapat hasil terbaik,”pungkas Kamad.

Sementara itu Muhammad Wildan Anshari mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk dapat berlaga di ajang EPIC 2023. Dirinya berjanji akan memberikan hasil yang terbaik. “Semoga bisa membawa pulang trofi Juara,”ujarnya. 

Rep : Restu

Foto : Megan