Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

MAN ICT BERGERAK MENUJU MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN

 

 

Kepala MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT), Hilal Najmi, dan Ketua dan Sekretaris Tim Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), M. Sapuan Gestianto dan M. Mustofa Yusuf, bersilaturrahmi dan melakukan audiensi ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut, diterima oleh Kadis H. Zainal Abidin dan Kabid P2KLH, H. Adi Rahman, Kamis (26/10/2023). 

 

Audiensi tersebut dalam rangka membangun madrasah berwawasan dan peduli lingkungan di MAN ICT. Kepala Dinas PRKPLH, menyambut baik langkah inisiatif ICT untuk membangun madrasah peduli lingkungan menuju Sekolah Adiwiyata. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepahaman dan kesepakatan  yang akan ditindaklanjuti dalam bentuk Perjanjian Kerjasama dan rencana kerja.

Pada kesempatan tersebut Kabid P2KLH Dinas PRKPLH Tanah Laut, H. Adi Rahman juga mengajak Kepala MAN ICT, Hilal Najmi dan Tim Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah untuk mengobservasi lingkungan. Di antaranya bank sampah, sumur kompos, resapan, dan sanitasi pemanfaan air limbah.

Ditemui usai kegiatan Hilal menyampaikan bahwa MAN ICT telah mulai menyusun program madrasah menuju Adiwiyata, diantaranya menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di Madrasah, Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar dan membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di Madrasah. “Kemitraan ini adalah langkah awal kami membangun MAN ICT menuju sekolah Adiwiyata”tegasnya.

Lebih lanjut Hilal menambahkan bahwa lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan institusi pendidikan kapanpun dan dimanapun. Lingkungan madrasah yang bersih dan sehat juga mencerminkan kedisiplinan seluruh warga madrasah dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.  Oleh karena itu MAN ICT berupaya melibatkan parsipatif warga madrasah untuk menuju sekolah adiwiyata. “Berbekal pengalaman di satker sebelumnya, sebagai kepala madrasah, kami siap bergerak menyongsong MAN ICT berwawasan lingkungan,”pungkas Hilal.