Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

MAN ICT HENING CIPTA 60 DETIK DI HARI PAHLAWAN 2023

 

Tanah Laut (MAN ICT). Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023 yang jatuh pada setiap 10 November, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) menggelar hening cipta selama 60 detik (1 Menit) dimulai pukul 08.15 yang diikuti oleh seluruh civitas akademik MAN ICT, Jum’at (10/11/2023)

 

Menurut keterangan dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Sugianto kegiatan hening cipta tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor SE. 27 tahun 2023 tentang Peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 dimulai pukul 08.15 (waktu setempat) secara serentak di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, yang telah berjuang meraih serta mempertahankan kemerdekaan. “Seluruh kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya di madrasah kami hentikan selama satu menit untuk mengheningkan cipta secara khusyuk,”ujar Sugianto.

 

Lebih lanjut Sugianto menambahkan bahwa meski sederhana, pihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme serta menumbuhkan semangat kepahlawanan, kebersamaan dan persatuan untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih baik sebagaimana tema Hari Pahlawan. “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Pungkasnya.

 

Salah seorang siswa MAN ICT yang turut serta mengheningkan cipta, Muhammad Rifaldi Najwan menurutnya  kegiatan mengheningkan cipta merupakan cara berdoa yang lebih khusyuk agar selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului dalam membela dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. “Semoga arwah para pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,”tutupnya.

 

Rep : Restu

Foto : Mega