Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

TIM MAN ICT RAIH SATU GELAR DI AJANG PHYSTON

Tanah Laut (MAN ICT). Tim Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (MAN ICT) atas nama M. Wildan Anshari dan M. Irfan Kamil berhasil meraih juara Harapan 2 pada ajang MAN Insan Cendekia Tanah Laut (ICT) pada Ajang Lomba Physics Competition (Physton) Se Kalimantan Selatan, Tengah dan Timur yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Selasa, (30/10/2003). 

Menurut keterangan dari guru pendamping lomba, Noorma Yulia, Physton merupakan perlombaan di bidang fisika bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar fisika pada siswa dan mengukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap permasalahan dan konsep fisika yang tertuang dalam bentuk soal-soal hitungan, konsep, dan praktikum/percobaan. “Sebelumnya siswa telah melewati tahap seleksi hingga berhasil meraih posisi 5 besar menuju babak Final,”ujar Norma.

Dibabak final siswa MAN ICT berhasil meraih juara harapan 2,hasil ini disambut dengan gembira sebab melihat peta persaingan posisi di final sangat alot karena di dominasi sekolah/madrasah favorit. “Semoga anak-anak tidak cepat puas dan dapat meningkatkan pretasi mereka, baik dalam lomba ini atau lomba yang lain,” pungkasnya.

Menurut salah seorang anggota tim Wildan keberhasilannya tersebut meraih juara harapan 2 pada lomba tersebut tidak terlepas dari peran guru Fisika MAN ICT sebagai pendamping lomba Noorma Yulia, S.Pd yang telah membimbing secara intensif menjelang pelaksanaan lomba Physton tersebut. Wildan mengucapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Madrasah yang sudah memberikan dukungan penuh kepada dirinya dan rekan-rekan selama mengikuti lomba. “Kita harus dapat meningkatkan prestasi kita sehingga dapat meraih juara 1 di Physton tahun depan,” harapnya.

Rep : Restu

Foto Okta