TIM ORTALA ITJEN KEMENAG RI PANTAU DAN EVALUASI LAYANAN
PUBLIK MAN ICT

 


Tanah Laut (MAN ICT) - Tim kerja Ortala Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI,
yang dipimpin oleh Ketua Tim Noverlin Gulo, melaksanakan pemantauan dan evaluasi
terhadap pelayanan publik Reformasi Birokrasi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut (MAN
ICT).

 

Kepala Madrasah yang diwakili oleh Pelaksana Harian (Plh), Sugianto, beserta Ketua Tim
Zona Integritas (ZI), Rinno Albintara, dan tim Koordinator ZI MAN ICT turut serta dalam
proses evaluasi dengan memberikan paparan terkait pelayanan publik yang diterapkan di
madrasah

 

Menurut Noverlin berbagai inovasi layanan yang lahir di MAN ICT tentunya merupakan
layanan yang membawa manfaat dan berdampak langsung kepada masyarakat/pengguna
layanan. Proses pemantauan mencakup survey lapangan guna mendapatkan gambaran
menyeluruh tentang implementasi Reformasi Birokrasi dan kualitas pelayanan publik MAN
ICT. “Langkah-langkah evaluatif ini merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas dalam memberikan layanan kepada masyarakat,”tuturnya

 

 

Lebih lanjut, disampaikan bahwa pengembangan Zona Integritas (ZI) bukanlah sesuatu yang
instant sehingga memerlukan komitmen bersama antara kepala madrasah, pendidik, tenaga
kependidikan, komite, siswa dan masyarakat. Selanjutnya diharapkan tim ZI MAN ICT agar
terus berinovasi membuat program unggulan madrasah yang berprestasi, mempunyai ciri
khas madrasah dan juga yang berbeda dengan madrasah lain. “Kami melakukan dialog
interaktif guna mengevaluasi sejauh mana pemenuhan evidence-evidence ZI telah diisi dan
dipenuhi sesuai aturan yang berlaku, sehingga tercapainya evidence yang konkret di MAN
ICT,”pungkasnya.

 

Ketua Tim ZI MAN ICT, Rinno Albintara yang ditemui pada Jum’at (17/11/2023)
menyampaikan terima kasih kepada Tim Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik-
Reformasi Birokrasi Itjen Kemenag RI yang telah memberikan banyak masukan-masukan,
arahan, bimbingan agar ke depannya lebih baik dalam pelayanan publik dan terus lakukan

reformasi birokrasi. “Masukan ini banyak kami peroleh usai tim itjen melakukan survei
langsung layanan di PTSP dan layanan keasramaan di MAN ICT,”pungkas Rinno.

 

 

Rep : Restu
Foto : Okta