Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

KEREN, TIGA GELAR BERHASIL DIRAIH SISWA MAN ICT DI INTERNASIONAL EVENT

 

Tanah Laut (MAN ICT). Keren, tiga orang siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah  Laut (MAN ICT), berhasil meraih 3 gelar di 9 Th Internasional Event yang diadakan oleh UIN Antasari Banjarmasin, Kamis (09/11//2023).

Tiga gelar tersebut diantaranya adalah, Juara 2 Kategori Speech Tingkat SLTA se Kalimantan Selatan dan Tengah atas nama Nandika Maynanza, Juara 2 Singing Contest Tingkat SLTA se Kalimantan Selatan dan Tengah atas nama Dewi Nila Kencana dan Juara 3 Story Telling Tingkat SLTA se Kalimantan Selatan dan Tengah atas nama Maliq Fattah Hanafi.

Menurut keterangan dari guru pendamping, singing contest, Sri Helda Herawati mengungkapkan bahwa anak asuhnya tersebut telah tergabung dalam kegiatan Ekskul dan diikutkan pada Ajang International Event pada lomba Singing Contest. Menurutnya siswa MAN ICT selalu bersemangat dalam mengikuti eskkul dan hingga akhirnya ada kesempatan untuk mengikuti lomba di berbagai event. “Anak-anak sangat antusias dan termotivasi untuk terus melatih skill bagaimana cara menyanyi, teknik vokal, penguasaan panggung dan hal-hal lainnya,”ujar Helda.

Ditambahkan oleh Helda bahwa dalam setiap perlombaan itu pasti ada menang dan kalah, jika kita merasa gagal tentunya kita harus belajar dari pengalaman tersebut. Pengalaman adalah guru yang paling berharga. “Menang dan kalah itu biasa, jika juara itu hanya bonus semata. Tampil maksimal dan memberikan yang terbaik,”pungkas Helda.

Sementara itu Dewi mengucapkan banyak terima kasih kepada guru pembimbing yang telah banyak melatih dan membentuk karakter vokalnya hingga berhasil meraih juara 2 dengan total 18 peserta dari SMA/MA se Kalsel Teng. Dirinya tidak ingin cepat puas dan terus berlatih untuk bisa mengasah kemampuannnya di bidang olah vokal. “Semangat terus dan siap untuk menunggu lomba-lomba selanjutnya,”ujarnya.

 

Rep : Restu

Foto : Helda