Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut

Kampus Prestasi, Mandiri, Islami

MAN IC TANAH LAUT

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah unggulan dibawah pengelolaan Kementerian Agama, telah tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas tidak saja secara regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih antara lain; dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional (OSN) tahun 2007 memperoleh pedali perunggu bidang Ekonomi dan OSN tahun 2008 memperoleh satu medali emas bidang kebumian dan 2 medali perunggu yaitu bidang ekonomi dan komputer. Disamping itu semakin banyaknya alumni Insan Cendekia yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, Unair, ITS, UNHAS, dll. Juga di perguruan tinggi luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah diraih serta kualitas penyelenggaraan MAN Insan Cendekia selanjutnya Kementerian Agama meningkatkan kualitas MAN Insan Cendekia menjadi Madrasah Program Khusus Berstandar Internasional, dengan kebijakan memberikan beasiswa penuh kepada lulusan MTs Pondok Pesantren dan SMP umum untuk melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN Insan Cendekia selama ini membuktikan bagusnya mutu pengelolaan dan system yang dijalankan oleh lembaga beserta pelaksana di lapangan. Oleh karena itu untuk melestarikan mutu keunggulan tersebut, sistem pengelolaan MAN Insan Cendekia perlu distandarisasi agar dapat menjadi acuan pengembangan kedepan dan lebih mudah diterapkan pada lembaga lainnya.

Plt. Kepala Madrasah

Sugianto, S.Pd., M.kom

 

                       YOUTUBE CHANNEL                       

 

 

SISTEM INTEGRASI APLIKASI

BERITA TERBARU

Tanah Laut (MAN ICT). Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Luat (MAN ICT) menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bertajuk "Adventure MPS-OSICTA MAN Insan Cendekia Tanah Laut", yang diperuntukkan untuk anggota Majelis Permusyawatan Siswa (MPS) dan Organisasi Siswa Intra Insan Cendekia Tanah Laut (OSICTA) Masa Bakti 2023/2024, Minggu (10/12/2023) di Desa Ambungan Pelaihari. 

 

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan MAN ICT, Sugianto. Dalam sambutannya Sugianto mengucapkan Selamat dan sukses atas telah terpilihnya para pengurus MPS dan OSICTA yang baru, berhasil terpilih dari ratusan siswa lain yang ada di MAN ICT. Kegiatan LDKS ini sangat penting karena ilmu dan pengalaman sangat berguna dalam memimpin juga menyampaikan aspirasi teman-teman sesama siswa. “”lmu yang didapat dari LDKS ini tidak hanya berguna saat menjadi pengurus MPS dan OSISTA  saja, tetapi akan jauh tampak bermanfaat saat para siswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan hidup di tengah masyarakat,”ujar Sugianto. 

Ia meminta para peserta untuk menunjukkan eksistensi diri, eksistensi yang berguna bagi sesama seperti eksistensi untuk bekerja sama dan suka membantu. Mengakhiri sambutannya, ia memberikan apresiasi kepada purna MPS dan OSICTA masa bakti 2022/2023 yang telah bahu membahu bekerjasama untuk kegiatan LDKS ini. LDKS adalah suatu wahana untuk meningkatkan kualitas berorganisasi. Aktif berorganisasi tak lepas dari memperbaiki dan memperbarui jiwa kepemimpinan. “Saya menyimpulkan bahwa karakter kepemimpinan yang terbaik berasal dari pengalaman dan keaktifan berorganisasi,” tutupnya.

Sementara itu Ketua MPS MAN ICT, Syehla Aprilia berpesan kepada para peserta untuk mengikuti acara LDKS dengan semangat dan sepenuh hati. “LDK ini diberikan agar semua pengurus MPS dan OSICTA yang baru, bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi tugasnya sehingga akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab,” terangnya.

Salah satu peserta LDKS, Muhammad Satrio Airlangga juga menyampaikan pesan mendalam dengan untaian kata, “Bukan gelar tapi ilmu, bukan gaya tapi kepribadian, bukan janji tapi komitmen, untuk dapat menunjukkan eksistensi diri dan menjadi manusia bermartabat,” tegasnya.

Anggota MPS dan OSICTA Masa Bakti 2023/2024 menjadi peserta pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), dikelompokkan menjadi sembilan kelompok yang terdiri dari sembilan anggota. Setiap kelompok akan diberikan rute berbeda yang akan melewati sembilan pos dimulai dari titik kumpul yaitu di halaman gedung administrasi MAN ICT ke lingkungan Desa Ambungan. 

 

Rep : Restu

Foto : Mega